Apa yang akan anda lakukan jika mendapat mobil baru perihal dengan perangkat audio didalamnya..



Ketika pertama sekali saya memiliki mobil avanza baru, saya merasa terharu karena inilah hasil kerja keras saya selama bertahun tahun.

Saya amati setiap ornamen yang ada didalamya, sungguh masih terbungkus dengan plastik ditambah aroma mobil yang masih fress. 

Pertama sekali yang saya lakukan adalah mengecek kondisi mesinnya, caranya dengan mengganti segala jenis minyak yang ada didalamnya. Minyak yang saya ganti adalah minyak oli mesin, minyak gardan plus transmisi.

Sedangkan bagian tuning mesin saya serahkan pada rekan saya yang kebetulan teman bengkel saya dulu. Yang jelas sistim kaki kaki, rem mobil, maupun busi dan karburator tak luput saya periksa.

Lalu saya pergi ketempat rekan saya yang lain yang berprofesi sebagai spesialis AC mobil. Dia memeriksa kondisi kompresor dan  kuantitas freon yang ada didalamnya  

Dan yang terakhir saya mengunjungi rekan saya lagi yang berprofesi sebagai spesialis jok kulit dan karpet dasar (maklum sebagai “alumi dari dunia perbengkelan” maka teman pun mesti banyak). Disana mobil saya didandani bagian dalamnya termasuk jok, karpet dan door trim tentunya.

Setelah saya merasa puas dengan kondisi mobil saya, teryata ada yang luput dari perhatian saya.

Sistim audionya

Teryata head unit bawaan toyota hanya berupa radio plus kaset doang. Kalo radio saya masih bisa maklum, namun yang ngak saya terima adalah head unit saya cuma bisa memainkan kaset saja.

Saya ngak terima ini….

Langsung saya bawa ke bengkel rekan saya

Disana head unit lama saja copot dan saya ganti dengan double din.

Saya potong bagian bawahnya / bagian lacinya dengan pisau supaya bisa di jajali dengan double din yang lebih besar. Ini lah keuntungan jika membeli mobil mini bus…

Lain halnya jika membeli mobil sedan yang hanya menyediakan satu slot saja. Maka  mau ngak mau, rela ngak rela harus pake tv in dash.. plus sudah support dvd tentunya.

Setelah head unit yang baru selesai saya pasang. Saya dengar kualitas suaranya. Sepertinya mesti ditambah lagi “tendangannya” pikir saya….

Saya tambah lagi speaker yang lebih yahud. Saya copot speaker bawaan avanza plus soket yang nancap di speakernya. Mana tahu mau saya pakai kemudian hari.

Saya ganti speaker coaxial yang sama ukurannya. Namun dengan magnet yang lebih tebal supaya range frekuensi agak lebar dari pada sebelumnya..

Namun ada kendalanya

Magnet yang besar pasti akan nyangkut ke kaca window nya apabila akan diturunkan. Alhasil kaca filmnya akan sobek jadinya. Ini yang harus diperhatikan apabila mau menambah / memodifikasi audionya.

Apabila speakernya mentok maka saya menambahkan ring yang terbuat dari kayu yang guna sebagai pengganjal speaker sehingga speaker agak nonjol sedikit keluar.

Nah, yang menjadi perhatian selanjutnya adalah door trimnya. Karena speaker dibikin agak tinggi maka ada bagian door trim yang harus dipotong supaya tidak nyangkut pada saat dipasang.

Karena magnet yang besar harus ditunjang dengan subwoofer yang besar juga

Langsung saya pasang subwoofer 14 inchi dengan ditambah dengan power monoblok dan power 4 chanel.

Power monoblok saya gunakan untuk menggangkat subwoofer sedangkan power monoblok saya gunakan untuk mengangkat empat speaker yang ada di pintu saya.

Karena saya menggunakan daya yang sangat besar maka saya ganti aki mobil saya dengan ampere yang lebih besar. Untuk safety saya gunakan juga capasitor bank 1,5 farad guna menjaga kestabilan listrik mobil.

Dana yang saya keluarkan untuk mejadikan audio mobil saya sebagai berikut:   

Tape double din                    : Rp.2.450.000,-
Speaker split + tweater         : Rp.   400.000,-
Speaker coaxial                     : Rp.   325.000,-
Subwoofer 14”                      : Rp.   550.000,-
Kotak Speaker standard        : Rp.   200.000,-
Power monoblok                   : Rp.   400.000,-
Power 4 chanel                      : Rp.   675.000,-
Kabel power 5 m, RCA 2 set
@4 m, kabel satuan 4 m,
Kabel speaker 12 m               : Rp.   130.000,-
Capasitor   1,5F                     : Rp.   300.000,-
RCA cabang 2 set                  : Rp.     30.000,-
Jasa pemasangan          : Rp.    200.000,-
Total                                       : Rp. 5.660.000,-

Sebetulnya ini hanya perbandingan harga audio yang saya adakan. Sedangkan di pasaran bisa saja total pemasangan bisa mencapai 10 juta lebih, bahkan ada beberapa bengkel yang menawarkan paket hemat 1,3 jt – 1,5 juta dengan rincian subwoofer 14 inchi, 2 buah speaker split plus tweater, kebel set seluruhnya tanpa head unit.


0 comments:

Post a Comment