Ceklah sebelum membetulkan mobil orang lain




Pagi tadi saya mendapat seorang pelanggan lama yang sudah lama sekali datang. Beliau menggunakan mobil daihatshu grandmax. Mobilnya sudah 2 tahun tidak pernah membuka / menservis ac mobilnya.

Nah, karena saya sudah terbiasa dengan hal bongkar membongkar ac mobil, maka saya dengan cepat membongkar seluruh dashbor termasuk tulang tengahnya. Dalam waktu 3 jam akhirnya pekerjaan saya sudah selesai.

AC lebih dingin dari sebelumnya, karena begitu banyak debu yang menempel di evaporatornya. Masalah pun muncul, teryata pas si pemilik mobil ingin mendengar tapenya, tape teryata tidak bisa nyala lagi. Setelah saya pikir – pikir saya tidak ada merasa ketinggalan mencolokan kabel soket tapenya, demikian juga dengan kabel radio dan kabel RCA .

Si, pemilik bersingkukuh bahwa sebelunya tape nya masih aktif sebelum saya memperbaikinya. Tentu saja saya tidak bisa mengelak karena sebelumnya saya tidak memeriksa perangkat mobilnya. Setelah berunding akhirnya saya akan mengganti kerugian tape yang sebenarnya bisa saja si pemilik mobil yang akal – akalan….

Di balik duka yang saya alami terdapat hikmah yang tidak saya lupakan. Sebelum kita memperbaiki suatu perangkat alangkah baiknya memeriksa perangkat yang lain dulu, bisa saja yang punya mobil ingin gratis diperbaiki seperti di tivi – tivi itu he…..

Perangkat jangan hanya yang berat – berat doang, coba dengan perangkat yang simple dulu, misalnya sistem lampu baik lampu sen, lampu keci maupun lampu besar, klakson, lampu hazart, sistem alarm termasuk jam digital yang biasanya nyala pada saat kontak on

1 comments:

  1. saya juga menyediakan jasa dibidang otomotif, memang benar seperti yang anda katakan, sebelum anda mengerjakan mobil pelanggan,sebaiknya cek terlebih dahulu,

    jika pekerjaan dashboard, cek Head unit, indikator speedometer apakah lampu Check engine menyala atau tidak saat di hidupkan,

    Jika membuka Jok dengan alasan memasang basstube, pastikan joknya bisa maju mundur Jika joknya elektrik,

    krn kita ndak mungkin mau repot dengan hal yang bukan disebabkan oleh kesalahan kita sendiri,

    terima kasih]

    ReplyDelete