Bagaimana mengetahui masalah yang dialami ac mobil anda


Ketika dalam perjalanan tiba – tiba suhu didalam mobil menjadi panas. Anda merasa keget, mengapa bisa begini yah? Padahal kejadian ini baru  pertama sekali dialami mobil anda.
Pada mobil – mobil  terbaru, bukan berarti mobil itu sudah terbebas dari masalah. Saya pernah menjumpai mobil yang baru dibeli sekitar setahun yang lalu sudah mengalami kebocoran pada pipanya. Hal ini bisa terjadi juga pada mobil anda tentunya 
Nah, pada saat anda mengalami hal itu, bagaimana cara mendeteksinya. Sehingga anda bisa mengetahui apa yang harus anda perbaiki dan mana yang tidak perlu sehingga bisa meminimalisasikan biaya yang akan anda keluarkan. Selain itu, anda akan mudah memberi  informasi kepada teknisi apa yang menjadi pusat permasalannya.
Bila ac mendadak tidak dingin lagi bisa disebabkan beberapa sebab. Mungkin sekering yang putus, magnet spul yang lemah atau ekstra fan yang tiba – tiba mati. Bahkan ada beberapa mobil yang menghubungkan suhu/ kinerja mesin dengan ac mobil.
Saat suhu mesin panas karena terlalu lama dipakai ataupun disebabkan karena  sistem pendingin mesin (radiator) mengalami masalah. Maka komputer mobil akan memutuskan arus ke kompresor sehingga beban mesin menjadi berkurang.
Apabila ac tidak dingin secara bertahap biasanya disebabkan ac yang sudah kotor  atau Freon yang sudah berkurang. Mengenai ini anda bisa mengetahuinya dengan memegang pipa ac yang ukurannya agak besar dari pada pipa yang lain. Para teknisi menyebutnya dengan selang dingin atau selang 5/8. Apabila selang 5/8 masih dingin besar kemungkinan disebabkan ac yang sudah kotor. Tapi kalau selangnya tidak dingin lagi berarti ada kebocoran di sekitar pendingin ac mobil.
Nah, ada yang lebih rumit dan perlu  ketelitian. Bilamana pada saat mobil bergerak lambat dingin, sedangkan pada saat putaran tinggi malah panas bisa disebabkan magnet spul yang slip atau ekspansi yang mampet sehingga sirkulasi Freon menjadi terhambat.
Atau pada saat pertama sekali anda menyalakan ac, suhu didalam menjadi dingin. Namun, setelah beberapa menit malah menjadi panas  (angin yang keluar pun menjadi kecil) bisa disebabkan thermostat yang mengalami masalah.
Dan masih banyak yang menjadi penyebab tidak dinginnya ac mobil sebetulnya. Namun, apabila anda ingin lebih yakin dengan pemasalahnnya. Jangan ragu berkonsultasikan masalah tersebut dengan teknisi kepercayaan anda.mudah – mudahan persoalan menjadi teratasi.

0 comments:

Post a Comment