Jangan sembarangan mencabut aki mobil


Jaman sekarang mobil sudah dilengkapi dengan komputer yang mengatur kinerja mesin mulai dari menyalakan hingga mesin mati. Bahkan settingan mesin akan tetap tersimpan walaupun kunci kontak telah tercabut.
Salah satu hal yang paling  terhadap moil baru adalah mencabut aki mobil sembarangan. Perlu diket ahui komputer mobil ( atau sering disebut dengan CDI) perlu waktu untuk menyimpan data mengenai kondisi mobil sebelumnya, mulai dari total jarak yang ditempuh hingga sisa bensin didalam tangki minyak.
Pada pagi hari saya kedapatan seorang pelanggan lama yang sudah ganti mobil dengan yang baru. Nama mobilnya adalah Nissan terrano. Hanya saja pas malam hari mobilnya mengalami sedikit masalah pada sistim penerangaannya.
Lampunya tidak bisa mati walaupun saklarnya sudah dalam posisi mati. Karena takut akinya tekor, maka dia mencabut langsung aki mobilnya.
Pada pagi harinya, aki mobil dipasang kembali, dan hasilnya lampu mobil sudah kembali dengan normal.

Masalah lain mulai muncul, ac mendadak mati walaupun kipas blower tetap menyala.
Nah, dia langsung  membawa mobil barunya ke bengkel saya. Pertama – tama saya cek relay kompresor yang ada di sisi kiri kap mesin, kondisinya masih bagus.Ini dapan saya lihat dengan cara menghubungkan kabel massa ke relay kompresor nomor 85.
Karena bagian luar saya lihat tidak ada mengalami masalah. Saya melanjutkan kebagian dalam mobil. Saya buka lacinya dan hasilnya juga bagus, ketika saya menyalakan AC ada kabel yang mengeluarkan arus negative/ massa yang berasal dari thermostat.
Jadi saya menyimpulkan penyebab masalah ini berasal dari komputer yang “mengurusi” kinerja AC. Jadi pada saat aki dicabut, terjadi “miss report” pada bagian ac sehingga komputernya perlu di setting kembali atau kalau perlu di restart kembali.
Karena saya tidak tahu cara settingnya,maka saya merekomendasikan ke bengkel resmi Nissan untuk restart ulang. Nah, karena si  bapak datang pas hari minggu dan kebetulan mobilnya mau dipakai lagi. Maka saya memutuskan untuk menjalani kabel baru  dari thermostat ke kompresor.
Karena saya menjani kabel baru tanpa melewati komputernya, maka tarikan mesin akan terlihat drop ketika  AC nyala. Jadi saya menyarankan menjalankan ac  pada saat mobil jalan saja, kalo pas mobil berhenti takutnya mesin akan mati.

0 comments:

Post a Comment