Habis Isi Full Mobil Malah Mberebet


Hal ini jarang sekali terjadi di setiap mobil. Namun bukan berarti tidak ada kan? Teman saya pernah mengisi mobilnya sampai full tank. Namun mobil yang ditungganginya merasa seperti tersendat setelah beberapa kilometer dari pom bensin tersebut.
Kejadian itu segera hilang setelah teman saya membuka kembali tutup tangkinya lalu ditutup kembali.Bukan hanya itu, lampu indikator check engine yang dari tadinya menyala mulai padam.
Apa yang menjadi  penyebabnya? Yang jelas karena katup yang berada disekitar tangki bermasalah.
Tugas dari katub tangki adalah menjaga tekanan tangki sehingga tekanannya sama dengan udara luar, menjaga suhu yang naik akibat mesin mobil dan yang terakhir adalah menjaga udara ditangki pada saat pengisian bensin.
Setiap mobil mempunyai katub yang berbeda jenisnya sesuai dengan cara kerjanya. Pada mobil Honda Accord disebut dengan katub evap dan persis berada diatas tangki bensin. Namun ini biasanya ada pada mobil yang menggunakan sistem injeksi bahan bakar yang diatur oleh ECU. ECU berfungsi menjaga emisi (penguapan) dengan cara menangkapnya kedalam wadah yang disebut dengan  charcoal canister yang ujungnya menuju ke  intake manifold. ECU menjaga tekanan tangki dengan cara membuka menutup katub tangki melalui solenoid khusus yang berada di katub itu sendiri.
Pada saat tekanan naik, katub akan membuka sehingga tekanan dalam tangki terjaga. Masalahnya adalah pada saat full tank, udara didalam tangki ngak ada sehingga pada saat fuel pomp menghisap bensin tak ada udara yang masuk karena katub tidak bisa terbuka secara otomatis. Akibatnya fuel pomp bekerja keras guna menghisap bensin. Caranya anda harus mengganti katub bensin dengan yang baru. Harganya murah kok, sekitar ratusan ribu.

0 comments:

Post a Comment