Jangan Takut Mengganti Air Radiator



Selain menganti oli mesin, gardan maupun transmisi. Anda jangan lupa memikirkan sistim pendingin mobil anda juga. Idealnya setiap 20 ribu kilometer air radiator mesti dikuras. Hal ini bertujuan menjaga kualitas air radiator yang bekerja mendinginkan mesin berjalan dengan normal.
Pertama sekali anda hurus membuka tutup radiator yang berada diatas untuk membuang tekanan panas yang sangat tinggi. Direkomondasikan anda membukanya pada saat mesin agak dingin. Caranya dengan menggunakan kain kering / usahakan yang sangat tebal supaya air panas itu tidak melukai tangan anda. Biasanya para tukang radiator membukanya pada saat mesin berjalan. Ini bertujuan supaya sirkulasi mesin akan mengurangi tekanan air radiator itu.
Setelah terbuka, maka anda dapat membuka baut pembuangan yang berada dibawahnya. Biasanya anda cukup menggunakan tang, obeng plus atau kunci L tergantung jenis mobilnya. Berhati – hatilah saat anda membukanya karena air panas akan melukai anda apalagi jika anda membukanya dari bawah, wajah rentan terkena cipratan air panas itu.
Setelah air radiator habis terkuras, tutup kembali baut penutupnya. Apabila baut sudah kurang rapat lagi / doll. Maka anda perlu menggunakan selotip untuk mencegah kebocoran. Tuang air radiator kedalan radiator hingga penuh. Sisanya anda tuang kedalam resevoir yang menghubungkan dengan radiator itu. Ada indikator yang menunjukan batas maksimun dan minimum. Tutup kembali penutup atasnya. Nyalakan mesin mobil anda, lihat indikator yang berada di resevoir. Apabila berkurang segeralah anda tambah kembali.
Bagi mobil yang sudah lama, biasanya air radiator sudah sangat keruh sekali karena banyak karat yang tergenang didalamnya terutama di blok mesin. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyalakan mesin sambil membuka penutup atasnya dan mengucurkan air pendingin di mulut radiator terus menerus.
Biarkan mesin menyala sampai air yang keluar sudah jernih. Ini dilakukan pada saat mesin panas karena thermostat akan membuka klep pada saat suhu mesin tinggi. Tunggulah sampai beberapa saat sampai beberapa thermostat membuka klep untuk memastikan tidak ada udara palsu didalamnya. Kalau anda ragu dapat anda membuka katub  breather untuk memastikan ( biasanya pada mobil mewah seperti mercedes dan BMW)
 

0 comments:

Post a Comment