Kegunaan Resevoir


Resevoir bentuknya seperti tangki wiper. Kadang -  kadang para pengguna mobil kurang memeriksa kondisi resevoirnya.
Tabung yang menghubungkan dengan radiator sangat berguna sekali. Statusnya sangatlah vital.
Fungsi utamanya adalah menjaga volume air yang berada di radiator, selain itu resevoir berguna sebagai tempat pembuangan uap air yang timbul dari panas mesin. Karena tugasnya yang sangat penting maka ada aturan penting yang perlu anda perhatikan. Biasanya air yang diisi kedalam resevoir tidak boleh melebihi ¾ kapasitas tangki resevoir. Maksudnya ¼ nya akan digunakan menampung uap air. Sebaliknya juga bilamana air yang berada di radiator kurang  maka radiator akan mengambilnya dari resevoir. Hal ini berlangsung selama mesin bekerja pada suhu 80 – 90 derajat celcius.
Pada mobil mewah biasanya tidak ada tutup atas radiator. Sehingga apabila anda mau menambahnya harus melalui resevoir. Selain itu mobil mewah biasanya sudah dilengkapi dengan breather yang berguna membuang uap / udara palsu  yang ada didalam jalur sistim pendingin.
Biasanya breather kurang diperhatikan para pengguna mobil mewah sehingga apabila breather tersumbar maka udara palsu tidak dapat terbuang. Akibatnya radiator tidak dapat mengambil air yang berada di resevoir apabila volume air berkurang. Akibatnya kinerja pendingin menjadi kurang maksimal.        

0 comments:

Post a Comment