Panduan membeli mobil bekas KIA Karnival


Membeli mobil bekas bukan hanya melihat body maupun  interior saja. Namun kondisi mesin dan sektor kaki- kaki harus juga anda perhatikan.
Dari berbagai mobil yang ada di pasaran, saya coba memilih mobil yang sudah memiliki usia 5 tahun keatas, yaitu KIA KARNIVAL.
Pertama sekali, nyalakan mobil. Dengar suaranya, apabila suaranya agak lain/ menggangu, boleh dicurigai mesinnya. Salah satunya adalah hidrolic las adjuster yang sudah malfungsi. Hidrolic las adjuster berfungsi menentukan kereganggan antara klep dengan rocker –arm secara otomatis.
Lalu periksa juga dengan warna oli yang ada di ujung stik oli. Apabila warna pada ujungnya berwarna hitam, berarti masih bagus kondisi mesinnya. Namun apabila berwarna coklat apalagi berbuih. Sudah dapat dipastikan ada kebocoran pada seal seal mesin sehingga air bercampur dengan oli. Biasanya karena overheat. Overheat disebabkan karena fan pendingin mobil / radiator mengalami kerusakan sehingga proses pendinginan sangat lambat. Ini bisa juga disebabkan lambat mengganti oli mesin secara teratur.
Demikian juga dengan kaki – kaki mobilnya. Periksa apakah ada tetesan oli yang merembes. Ini disebabkan karena karet as roda sudah getas/ koyak. Untuk menyakinkan anda, dapat dilakukan pengetesan di jalan bergelombang dan juga pada saat berbelok tajam. Apakah anda merasa nyaman? Apabila ngak, segeralah anda memperbaiki di bengkel langganan anda. Biasanya umur kaki- kaki berkisar 3 – 4 tahun tergantung kondisi jalan yang sering dilaluinya.  

0 komentar:

Poskan Komentar