Tata Cara Pemasangan Tape Mobil


Pada saat anda memiliki mobil baru, biasanya head unit (tape) masih berupa tape standar. Biasanya tape standar itu masih berupa kaset bukannya CD/ DVD, mau membeli head unit yang komplit tapi apa daya  belum ada dana yang cukup untuk membeli tape yang bisa memutar DVD/ CD apalagi sudah dilengkapi dengan USB port.
Mau membeli yang second / copotan harga sekitar 400 ribuan, namun apabila anda memiliki keahlian memasang tape sendiri mungkin akan menghemat 50 ribu, lumayan kan….
Bagi anda yang tidak mengetahui tata cara memasangnya, nih saya kasi sedikit panduannya.
Buka dulu dashbor mobil anda, memang agak riskan kalo anda belum pernah membukanya. Tapi kalo mobil anda adalah jenis toyota seperti avanza, rush, corrola, soluna, daihatsu seperti xenia, terios, mitsubisi seperti kuda, taruna agak mudah karena bautnya terlihat dengan jelas bahkan avanza, xenia, rush menggunakan kancing saja, namun perlu kehatian – hatian juga untuk membukanya.
Kalo mobil jenis grand max, honda jazz, CR-V memiliki baut rahasia di dalamnya. Anda harus membuka komponen yang lain supaya terlihat "baut rahasia" itu. Toyota kijang harus membuka dashbor semuanya, sedangkan isuzu panther, espass, futura memakai selongsong, bukan memakai bracket sehingga tinggal ditarik saja. ( untuk selengkapnya saya akan membuat ebook tentang cara membuka dashbor secara mendetail dengan disertai gambar sehingga anda dapat melakukan dengan mudah, doakan saya yah)
Setelah terbuka dan dapat melepas head unitnya. Lekas soketnya yang ada dibelakangnya. Potong semua kabel satu – persatu jangan berbarengan, karena ada salah satunya mengandung setrum sehingga memungkinkan terjadi hubungan singkat. Lalu ambil soket head unit yang akan dipasang, apabila warnanya sama dengan kabel yang lama tingga disambung aja. Namun, apabila berbeda ini warna panduannya
Merah            : Acc
Kuning           : setrum langsung
Hitam             : massa/ ground
Abu abu         : kanan depan (+)
Abu abu strip : kanan depan (-)
Putih              : kiri depan (+)
Putih stip       : kiri depan (-)
Ungu              : kanan belakang (+)
Ungu strip      : kanan belakang (-)   
Hijau              : kiri belakang (+)
Hijau stip       : kiri belakang (-)

Ada juga warna kabel yang berbeda, namun jarang di pasaran
Merah            : Acc
Kuning          : setrum langsung
Hitam            : massa/ ground
Abu abu        : kanan depan (+)
Abu abu strip: kanan depan (-)
Hijau             : kiri depan (+)
Hijau stip      : kiri depan (-)
Biru               : kanan belakang (+)
Biru strip      : kanan belakang (-)  
Coklat           : kiri belakang (+)
Coklat  stip   : kiri belakang (-)

2 komentar: