Tujuh komponen AC yang sering rusak




Kondendor
Berada didepan mobil, berfungsi mendinginkan refrigerant yang berasal dari kompresor. Didalam kondensor refrigerant yang berbentuk uap akan berubah menjadi cairan yang bertekanan tinggi. Kondensor bisa kotor karena debu yang menempel, biasanya karena udara disekitarnya kotor. Kotor yang semakin lama akan  bertumpuk sehingga menyebabkan kondensor menjadi mudah lapuk, akibatnya apabila refrigerant yang bertekanan tinggi akan membuat kondensor bocor. Apabila di luar kisi – kisi masih bisa di las, namun apabila bocornya berada didalam kisi- kisi mau ngak mau harus diganti.

Kompresor
Berada di kap mesin. Berfungsi untuk memompa refrigerant kesekitar bagian. Selain itu, kompresor juga memberi tekanan sehingga refrigerant yang berbentuk uap berubah menjadi cair kembali. Kompresor yang jarang diservis bisa mengalami kerusakan. Gejala awalnya timbul suara ngorok. Hal ini disebabkan karena kompresor kurang oli sehingga piston bekerja dengan keras/ panas. Akibatnya piston den seal menjadi rusak / jebol sehingga kompresor tidak mampu menekan refrigerant sehingga kinerja AC kurang maksimal. Didepannya terdapat juga magnet yang berfungsi menekan center pis dengan poli sehingga piston kompresor dapat berputar. Selain itu, poli juga mesti diperhatikan juga, soalnya jika poli rusak maka putaran dengan mesin tidak center. Akibatnya magnet menjadi panas dan akhirnya rusak. Biasanya ini disebabkan karena lahar yang sudah rusak.

Evaporator
Berada di bawah dashbor. Berfungsi untuk mengubah refrigerant yang cair menjadi uap. Refrigerant yang berubah menjadi uap akan menarik panas disekitar sehingga kabin mobil menjadi dingin. Evaporator mudah sekali kotor karena debu - debu yang menempel di karpet.Akibatnya evaporator menjadi mudah bocor. Hampir serupa dengan kondensor, apabila bocor masih bisa di las tergantung letak kebocorannya.

Drier
Berada dikap mesin. Berbentuk seperti tabung. Berfungsi sebagai penyimpanan sementara refrigerant yang berbentuk cair yang akan menuju evaporator. Selain itu drier berfungsi menyaring kotoran yang berasal dari kondensor. Apabila kotor, drier mesti diganti, tidak bisa dibersihkan.

Espansi
Berada didepan evaporator. Berfungsi menyemprotkan refrigerant yang berasal dari drier. Apabila drier kotor, maka kotoran akan menyumbat espansi sehingga selang ac, evaporator bisa bocor. Apabila kotor harus diganti dengan yang baru karena lubang katub espansi sangat kecil sehingga tidak bisa dibersihkan

Thermostat
Berada didalam evaporator. Berfungsi sebagai switch. Apabila evaporator sudah dingin , maka thermostat akan memutus arus sehingga kondensor berhenti berputar. Apabila thermostat rusak, maka evaporator akan membeku sehingga udara dingin tidak dapat keluar dengan baik

Blower
Berada didepan evaporator. Berfungsi untuk meniup hawa dingin yang berasal dari evaporator. Blower yang kotor akan menghambat pergerakannya sehingga motor blower menjadi susah berputar.    

0 komentar:

Poskan Komentar