Piranti Pendukung Audio Anda




Selain head unit yang anda miliki, teryata ada beberapa aplikasi yang menunjang head unit anda.

 Crosoffer

Crosoffer biasanya sudah anda dapatkan apabila anda membeli speaker slit. Gunanya sebagai penahan suara bass, jadi speker anda terdengar lebih condong ke vokal dan tweater  terdengan treable.

Crosoffer pun ada terdiri dari dua, yaitu crosoffer pasif dan crosoffer aktif.

Kalo crosoffer pasif tidak bisa anda setel sesuai dengan selera anda. Biasanya ukurannya kecil dan dalam satu paket dalam pembelian tweater, bukan speaker split.

Sedangkan crosoffer aktif dapat anda setel sesuai dengan selera anda. Dengan mengubah kekuatan treable mulai dari 0db, 3 db, 6 db hingga 12 db

Cara pemasangannya cukup mudah, dengan cara menghubungkan colokan woffer ke speaker split, sedangkan tweater tentu saja ke tweater dan input berasal dari head unit atau dari power amplifier.

Kalau tweater pasif hanya  memiliki satu input, yaitu head unit dan output adalah tweater.

Hati hati jangan salah menyambung kabel karena akan mengeluarkan suara yang tidak enak didengar

Power amplifier

Adalah perangkat yang berfungsi sebagai pengangkat suara bass. Power terdiri dari beberapa macam mulai dari power monoblok, power 4 chanell, power 5 chanell dan power 6 chanell,

Power monoblok kegunaan hanya menganggkat suara bass yang berasal dari subwoffer, sedangkan power 4 chanell biasanya digunakan untuk mengangkat 4 speaker yang ada di pintu, kalau power 5 chanell digunakan untuk menganggkat suara 4 pintu plus suara subwoffer. Sedangkan power 6 chanell digunakan untuk mengangkat 4 speaker yang ada di pintu dan 2 subwoffer.

Adakalanya para pemilik mobil menggabungkan 2 power menjadi satu dengan menggunakan equalizer.Tujuannya hanya satu, untuk menambah daya tendang suaranya.









0 comments:

Post a Comment