Masalah Bluetooth Pada Pioneer AVH-2450


Pagi hari tadi saya memasang audio pada mobil Honda jazz lama dengan head unit Pioneer AVH – 2450 dengan pemasangan power dan subwoffer.
Pemasangan Power 4 chanel digunakan untuk mengangkat speaker front (ch 1 dan ch 2), sedangkan ch 3 dan ch 4 digabung / brigde untuk mengangkat sebuah subwoffer 12 inchi.
Pemasangan selesai dan saatnya melakukan pensettingan ulang.
Mulai dari audionya baik melalui CD audio, dari flashdisk  dan juga dari Bluetooth. Sepertinya ngak ada masalah yang berarti bagi saya menginggat saya sering memasang alat sedemikian ini.
Cara menset jam, wallpaper dan cara menyimpan siaran radio sudah saya jelaskan. Namun ketika pelanggan bertanya cara menggunakan telepon via Bluetooth saya mulai menemui kendala.
Pada saat hp telah di pairing-kan  dengan Pioneer. Teryata tidak ada suara yang masuk melalui speaker. Sehingga kita ngak tahu kalau ada menerima telepon. Demikian juga bila kita menelepon orang lain tidak ada suara tut..tut…
Istilahnya kita dapat ngomong dengan orang lain namun kita tidak bisa mendengar suara orang itu
Saya pikir ada masalah pada head unit ini sehingga saya memutuskan untuk mengganti yang baru. Namun hasilnya sama juga….
Setelah saya periksa kabel nya hingga saya memutuskan kabel break parking malah fasilitas Bluetooth tidak berfungsi. Mau ngak mau saya sambunglagi kabelnya.
Hampir setengah jam saya membongkar ulang system perkabelannya maka saya memutuskan untuk men-standarkan audionya tanpa menggunakan power. Hasilnya malah bagus, suara sudah keluar dari speaker pada saat menelepon orang.
Saya perhatikan  apa yang menjadi perbedaan antara memakai power dengan tanpa memakai power. Akhirnya saya sudah tahu perbedaanya……
Teryata suara sipenelepon keluar dari speaker front saja, padahal kabel frontnya tidak saya gunakan dan dialihkan dengan menggunakan port RCA saja
Akhirnya saya menggunakan sebuah adaptor yang dihubungkan antara kabel front dengan RCA yang menuju ke power tanpa menggunakan RCA Port pioneer
Akhirnya masalah saya terpecahkan hehehe……   

0 comments:

Post a Comment