Asesoris Avanza/Xenia (Lampu Foglamp)

Fog lamp/ lampu kabut

Foglamp akan membantu penerangan pada saat malam

Setelah saya memberikan contoh – contoh dari pelindung bemper, maka kita akan beralih ke bagian fog lamp (lampu kabut). Ketika anda membeli mobil Avanza / Xenia baru, bagian fog lamp belum diberikan kepada anda.

Disana hanya terdapat tutup yang menutupi bagian fog lamp. Jadi kalau anda mau menambahkan fog lamp pada mobil anda, maka tutup fog lamp harus di potong dulu dengan cutter, usahakan anda memotongnya dari dalam. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi baret pada bemper anda.

Caranya dengan memutar ban depan sehingga anda leluasa membuka sebeng/ pelindung lumpur. Lebih baik anda membukanya dengan menggunakan obeng pipih sehingga tidak akan membuat kancing menjadi patah. Kalau agak susah dapat anda gunakan gunting runcing.

Lalu anda pasang fog lamp yang ada di jumpai di toko asesoris mobil. Biasanya ada yang menjual fog lampnya saja atau satu paket beserta relay dan tombolnya.

Fog lamp beserta satu set kabel, relay dan tobolnya


Apabila sudah satu peket, maka anda akan mudah memasangnya. Caranya dengan mencolokkan kabel soket ke kedua lampu kabut, lalu kabel merah dihubungkan ke kutub positif aki dan kabel hitam ke kutub negatif aki.

Lalu satu soket akan dihubungkan ke soket satunya lagi. Dimana soket yang satunya lagi akan menghubungkan lampu kecil/ lampu kota dan tombolnya.

Diagramnya sebagai berikut




Cara memasang sangatlah mudah, walaupun tanpa ada pengalaman montir pun anda bisa memasangnya. Namun pasti dalam hati anda bertanya bagaimana cara mencari lampu kecil.

Caranya cukup mudah, cukup anda membuka injakan kaki/ shill flat sebelah kanan depan (bagian supir). Disana akan terdapat berbagai macam kabel yang menghubungkan kesemua fasilitas yang ada di mobil anda. Cukup anda mencari kabel bewarna merah strip biru. Kabel inilah yang akan menyalurkan setrum lampu kecil.

Cukup anda pararelkan saja dengan kabel merah yang menghubungkan saklar tadi (lihat diagram ), maka segala aturan dalam proses pemasangan sudah dapat anda selesaikan sendiri.

Nah, bagaimana dengan pembelian fog lamp doang tanpa paket sama sekali. Prinsipnya sama saja dengan pembelian secara paket , hanya saja anda harus membelinya secara terpisah dan tentunya harganya jadi agak mahal.

Cukup anda sediakan
1.    Satu buah saklar dimana ukurannya sesuai dengan lubang yang sudah ada
2.    Satu buah relay kaki 4
3.    Kabel secukupnya, usahakan terdiri dari 3 warna yang berbeda, misalnya warna merah untuk setrum, warna hitam untuk massa, dan warna biru untuk warna setrum ke relay
4.    Satu buah box sekring beserta sekringnya (20 A)
5.    Dua buah fitting lampu

Pasang foglamp seperti sebelumnya, lalu fitting anda hubungkan dengan kabel yang akan mengarahkan ke relay.




Relay kaki 4, banyak terdapat di took elektronik atau bengkel asesoris





Diagramnya seperti berikut


Sangat mudah bukan ?

Untuk mendapatkan satu set fog lamp beserta kabel relay, sekring dan saklar harga yang mesti anda keluarkan sekitar Rp.700.000,- namun jika anda membelinya terpisah harga yang anda keluarkan mencakup lampu beserta rumahnya (Rp.400.000 ), relay beserta rumahnya (Rp.75.000,-), sekering beserta box sekring (Rp.25.000,-) dan saklar( Rp. 40.000,-) beserta kabel 3 jenis warna (Rp.15.000,)


Lalu saya mempunyai sedikit trik dimana jika anda akan menggunakan saklar yang ada lampunya.
Saklar yang memiliki lampu led di tengahnya

Maksudnya gini

Ada saklar yang memiliki lampu ditengahnya, gunanya untuk memberitahukan bahwa saklar terhubung atau tidak. Jadi apabila saklar anda tekan maka lampu ditengah saklar akan menyala, kalau ditekan lagi maka lampu akan mati

Caranya anda harus mempunyai sebuah lampu yang dihubungkan dengan kebel. Gunanya apabila terjadi konsleting, maka lampu akan menyala.

Biasanya saya sudah merakitnya sendiri dengan menggunakan tespen khusus arus DC.

Pada umumnya saklar model begini terdiri dari 3 colokan. Nah pertama sekali anda mencolokan salah satu colokan dengan lampu kecil( bermuatan listrik), terserah colokan mana yang akan anda pilih.

Lalu gunakan tespen dimana salah satu ujungnya anda hubungkan dengan sasis mobil, entah di baut atau di kunci kontak.

Anda hubungkan salah satu ujung tespen satunya lagi ke kedua colokan sisanya. Apabila lampu tespen menyala, berarti bukan. Itu  biasanya sambungan  on/off nya. Namun kalau lampu saklar yang menyala sedangkan lampu saklarnya mati berarti colokan itu dihubungkan ke kabel negatif. Sedangkan satunya lagi dihubungkan dengan relay (nomor 86).

Diagramnya seperti ini


Apabila lampu saklar ditekan (kotak hijau pada gambar ), maka lampu kecil akan menghubungkan ke relay sekaligus akan menghubungkan dengan massa sehingga lampu saklar akan menyala.


9 comments:

  1. mantabb gan infonya...sangat lengkap dan mudah dimengerti maju terus gan

    ReplyDelete
  2. Assalamu allaikum Gan.....mohon info tempat bengkel agan infoin ke 08164856814 bila ada masalah kelistrikan mau mampir ah......Wassalam

    ReplyDelete
  3. Asl alkm, gan mau nanya nih, saklar on off utk foglamp msih tetep nyala , meskipun saklarx dah di off gmna solusix gan.. Wslm

    ReplyDelete
  4. Mau tanya gan sikring dan rumah sikring foglam xe xi sy sering meleleh knapa yah padahal kabelnya sdh di ganti pake yg besar.

    ReplyDelete
  5. Mau tanya gan sikring dan rumah sikring foglam xe xi sy sering meleleh knapa yah padahal kabelnya sdh di ganti pake yg besar.

    ReplyDelete
  6. setrum pusat avanza type e 2016

    ReplyDelete
  7. Pak Hermawan, kalo saya mau tambah lampu led Bar 180 watt, kira kira jalur yang aman lewat mana ya pak...??? (mobile all new xenia) .... makasih pakkkk

    ReplyDelete