Kabel Relay Lampu Utama

Dari pabrikan lampu utama/ head lamp hanya bisa mengeluarkan daya sebesar 55/60 watt. Maksunya lampu dekat 55 watt dan lampu jauh 60 watt.

Kecil dong?

Memang kecil, karena kabel yang diberikan juga kecil sehingga kalau anda memasang lampu dengan daya yang besar akan membuat banyak masalah.

Banyak sekali orang yang berpikiran bahwa mengganti lampu mobil sama seperti mengganti lampu di rumah. Ada spesifikasi yang sangat dilarang menambah daya pada lampu karena akan membuat kabel terbakar, fitting terbakar apalagi saklar terbakar.

Sudah cukup biaya yang akan anda keluarkan kelak. Namun sekarang sudah ada penambah arus dengan disertai beberapa relay yang biasa di sebut dengan kabel set.

Dengan menggunakan kabel set, maka lampu akan mendapat daya langsung dari aki dengan mendapat “persetujuan“ dari saklar lampu.

Kabel yang digunakan juga tergolong besar sehingga minim terjadi kebakaran. Dengan disertai sepasang sekring maka kemanan mobil akan terjamin.

Sebelum memasang kabel set, pastikan bahwa kondisi kabel lampu orisinal masih bagus tanpa ada masalah. Misalnya pada saat anda menyalakan lampu dekat maka lampu jauh akan mati, demikian juga sebaliknya.

Apabila saat anda menyalakan lampu jauh, lampu dekat juga menyala. Maka akan membuat kabel menjadi panas, demikian juga dengan rumah lampunya. Maklum lampu 90/100 watt atau 100/130 watt sangatlah panas.

Cara memasangnya sangatlah mudah

Colokkan kedua soket kemasing – masing lampu, lalu hubungkan kabel merah ( biasanya sudah dilengkapi dengan sekring) ke kutub positif aki, lalu kabel hitam ke massa. Sedangkan satu soket lagi dihubungkan dengan soket orisinilnya, makanya pastikan soket orisinilnya masih “sehat”.


Harga kabel set beserta pemasangan plus 2 buah lampu 90/100 watt berkisar Rp. 225.000. Buruan anda pasang untuk menambah terang lampu anda.   

0 comments:

Post a Comment