Pesangan Audio Pada Kia Picanto

Siang tadi saya kedatangan pelanggan lama yang sudah mengganti mobilnya yang dulunya memakai Avanza sekarang diganti dengan Kia Picanto.
Sejujurnya saya kurang mengetahui secara detail kabel - kabel apa saja yang terdapat didalamnya. Karena mobilnya masih baru, saya agak hati - hati membukanya... Saya gunakan congkelan plastik untuk mencari celah untuk membuka panel depannya.
Sekitar 2 menit akhirnya panel dapat terbuka, teryata panelnya menggunakan kancing plastik. Memang pertama sekali agak susah, namun sering dibuka panel makin mudah untuk dicopot.
Saya buka head unitnya dengan menggunakan obeng, lalu dicopot soketnya. Soketnya bewarna - warni sehingga saya membutuhkan tes pen untuk mengetahui setiap fungsi kabel - kabelnya
Pertama sekali saya mencari kabel setrum langsung, cukup mudah untuk mencarinya. Demikian juga dengan kabel kontak Acc, kabel lampu kecil  dengan kabel massa, ngak masalah bagi saya yang sering mengalaminya.
Tinggal kabel speaker yang menjadi permasalahannya. Untung saja kabel speaker dililit sehingga saya mudah menentukan pasanggannya. Saya potong kabel yang satu dihubungkan dengan kabel massa dan yang satunnya dihubungkan dengan kabel kontak ACC. cukup disenggol saja sehingga akan mengeluarkan suara berisik pada speaker yang terkena setrum tadi.
Namun supaya menghindarkan sesuatu yang tidak diinginkan, saya menggunakan tes pen dimana ujungnya dihubungkan dengan kabel acc dan ujung yang lain dihubungkan dengan kabel speaker.
Walaupun susah, namun pekerjaan saya menjadi terselesaikan walaupun waktu yang dibutuhkan lebih lama daripada biasanya.
Namun karena sibuk jadi saya lupa mencatat warna kabel speakernya. Apabila saya menjumpai mobil Kia, saya akan berusaha mencatanya.

1 comments:

  1. kalo boleh gan kasih tau donk cara buka head unit nya, karena head unit punya saya udah rusak, mungkin karena konslet, dan saya tertarik untuk membongkarnya tapi masih ga tahu mulai dari bagian yang mana dulu yang harus di congkel...

    thanks gan...

    ReplyDelete