System pendingin/ AC (Bagian 1)

Mobil anda sudah dipakai selama satu tahun lebih? Bagaimana dengan kondisi AC anda? Apakah masih dingin atau sudah berkurang?

Penyebab mengapa suhu kabin mobil anda tidak dingin lagi bisa dari berbagai penyebab

Penyebab pertama adalah kotornya saringan dalam AC anda. Anda dapat mengetahuinya dengan cara memegang selang besar/ selang 5/8 yang berada didalam kap mesin. Apabila selang sangat dingin sampai – sampai tetesan embun menetes dengan lancar, maka dapat dipastikan evaporator sudah kotor.

Pada mobil new avanza keluaran terbaru sudah terdapat filter AC yang berada di belakang laci. Ini sangat membantu anda dalam segi keuangan dan segi waktu anda.

Namun bagi anda yang memiliki mobil lawas. Anda mau tak mau harus rutin membersihkan saringan dalam AC, ini biasa disebut dengan evaporator. Guna membersihkan evaporator, alat ini mesti dilepas terlebih dahulu. Oleh sebab iti, Freon harus dibuang.

Biaya pembongkaran evaporator mencapai Rp300.000,- ditambah dengan pengisian Freon Rp150.000,-. Belum lagi dengan waktu pembongkaran yang bisa mencapai 1 jam lebih.

Coba anda bandingkan dengan mengganti filter AC yang berharga Rp75.000,- tanpa harus membuang Freon. Waktu yang diperlukan cuma sekitar 5 menit saja.

Penyebab lainnya adalah berkurangnya Freon.

Cara mengetahuinya sama seperti sebelumnya. Apabila selang 5/8 tidak dingin, namun kipas AC masih berputar dan kompresor masih jalan, dipastikan Freon berkurang.

Penyebab berkuangnya Freon karena ada kebocoran. Entah kebocoran pada selang AC, kondensor atau evaporator.


0 comments:

Post a Comment