Tombol Rahasia Pada Mobil Avanza

Maksud dari tombol rahasia adalah tombol yang akan menghubungkan dengan engine kendaraan. Pada mobil avanza anda dapat memodifikasikan pada sekring EFI.

Sekring EFI berada di dalam kap mesin, sehingga anda harus membuka kap mesin lalu menggunting salah satu kabel sekering EFI.

Potongan kabel itu lalu anda hubungkan dengan saklar yang bisa anda letakkan ditempat rahasia anda. Entah di laci mobil, bawah jok supir atau di kolong dashboard kendaraan anda.

Caranya sebagai berikut:

Buka kap mesin mobil anda, lalu bukalah box sekering yang ada di dekat AKI ( sebelah kanan)


Di sana akan terdapat sekering EFI (15A). untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada keterangan yang ada di belakang tutup box sekering.


Buka panel bagian bawah dengan menggunakan obeng pipih. Caranya dengan mencongkel keluar sambil anda menariknya keatas. Supaya lebih mudah, bukalah terlebih dahulu dua baut 10mm yang menempel dengan bodi mobil.

Setelah terbuka, anda akan melihat kabel hitam tepat dibawah sekering EFI tersebut. Untuk memastikannya, potong lalu coba anda stater. Apabila tidak bisa distater, berarti anda telah benar memotong kabelnya.

Supaya lebih aman, cabut terlebih dahulu sekering EFI sebelum anda menghubungkan kabel potongan dengan dua potong kabel sambungan. Usahakan kabel yang anda gunakan kebel yang berkualitas sehingga tidak akan mengalami kejadian yang tidak anda inginkan. Karena kabel yang anda potong merupakan kabel mesin sehingga jika kabel tadi terputus, maka mesin otomatis akan mati mendadak.
Lalu anda hubungkan kedua kabel tadi dengan menggunakan saklar. Saya sering menggunakan saklat tarik karena lebih mudah di tempatkan dimana saja dari pada menggunakan sakelar jenis tombol.

Salah satu tempat ideal adalah di atas laci. Bukalah laci dengan cara ditarik keatas. Akan terlihat bulatan kecil yang ada diatas laci. Apabila kurang besar anda dapat mengikirnya


Mengapa saya lebih suka memasangnya didalam laci? Karena anda tidak repot repot lagi membuat lubang. Selain itu, laci anda dapat anda tutup dengan kunci sehingga orang lain tidak bisa menyalakan mesin sebelum membuka laci lalu menarik saklar terlebih dahulu. 

Ciri – ciri apakah saklar yang anda pasang tersambung atau tidak dapat anda lihat pada indicator mesin yang ada di speedometer. Apabila anda kontak ON lampu engine tidak menyala berarti anda harus menghubungkan saklar terlebih dahulu.
Baru anda bisa menstater mesin anda. Selamat mencoba….


1 comments: