Berbagai Jenis Monitor Mobil

TV plafon/ roof

Adalah head unit yang menempel di atas plafon mobil. Mampu membaca VCD, DVD, USB dan iPod. Tak ada kelemahan yang saya temui kecuali susahnya mengaplikasikan alat ini karena harus di bor supaya agak kokoh dan menjalankan kabel sehingga rawan merusak plafon mobil anda apabila pemasangan kurang hati – hati.






TV Sunvisor/ Penahan cahaya matahari
Head unit yang dipasang di sebelah kiri depan, tepatnya di penahan cahaya matahari. Mampu membaca VCD, DVD, USB, iPod dan resever TV. Yang jelas pemasangan agak mudah namun layar yang agak kecil sehingga penumpang belakang mesti memakai kaca mata apabila memiliki penyakit rabun jauh J



TV headrest/ bantalan kepala
Head rest yang sangat ideal menurut saya karena mapu menampung segala media yang ada, mudah pemasangannya. Namun harga yang sangat mahal yang menjadi kendalanya. Bahkan pada model terbaru bisa menampilkan sinyal TV yang berbeda dengan sebelahnya. Ada juga yang disetakan DVD player dan game  didalamnya sehingga anak anda bisa menonton kartun/ bermain game sesukanya

Semua model head unit yang saya jelaskan diatas semuanya dapat dipasang pada mobil Avanza maupun Xenia. Sekarang tinggal selera anda saja, fungsi serta kecocokan dengan kabin kendaraan anda.

Hampir semua head unit diatas mempunyai dua kabel power, yaitu kabel ACC (warna merah ) dan kabel massa (warna hitam). Kalau kabel merah dapat anda hubungkan dengan kabel ACC tape, sedangkan kabel massa dapat anda hubungkan dengan sasis mobil disekitar head unit, entah di baut atau bekas lubang bor.

Selain itu, juga terdapat kabel RCA in-video (bewarna kuning) yang dihubungkan dengan port RCA ou-video pada head unit. Jadi apabila head unit sedang menampilkan acara A, maka TV headrest juga akan menampilkan acara A juga.

Dan beberapa jenis head unit yang memiliki RCA out-audio, ini biasa bagi peralatan yang bisa menangkap sinyal TV sendiri atau memiliki VCD/DVD player. Ini akan dihubungkan dengan port RCA in-audio pada head unit utama anda. Jadi apabila TV plafon misalnya sedang menayangkan siaran RCTI, maka suaranya dapat keluar dari keempat speaker yang ada, dengan catatan head unit dalam mode Aux In.



0 comments:

Post a Comment