Mengganti Head Unit Bawaan Avanza/Xenia (bagian 3)

Cukup mudah bukan? Dengan menghubungkan tiap – tiap kabel sesuai dengan masing – masing fungsinya, misal kabel massa pada tape orisinal anda potong lalu sambungannya dihubungkan dengan kabel massa head unit baru sesuai dengan buku panduannya.

Pada umumnya tape/ head unit non orisinal memiliki warna kabel yang hampir sama.  Biasanya fungsinya sebagai berikut


Merah            : Acc
Kuning           : setrum langsung
Hitam             : massa/ ground
Abu abu         : kanan depan (+)
Abu abu strip : kanan depan (-)
Putih              : kiri depan (+)
Putih stip       : kiri depan (-)
Ungu              : kanan belakang (+)
Ungu strip      : kanan belakang (-)  
Hijau              : kiri belakang (+)
Hijau stip       : kiri belakang (-)

Ada juga warna kabel yang berbeda, namun jarang di pasaran
Merah            : Acc
Kuning          : setrum langsung
Hitam            : massa/ ground
Abu abu        : kanan depan (+)
Abu abu strip: kanan depan (-)
Hijau             : kiri depan (+)
Hijau stip      : kiri depan (-)
Biru               : kanan belakang (+)
Biru strip      : kanan belakang (-)  
Coklat           : kiri belakang (+)
Coklat  stip   : kiri belakang (-)

Walaupun ini bukanlah sebuah patokan, setidaknya akan memberi kemudahan bagi anda

Mungkin anda bertanya, mengapa tape memerlukan dua setrum? Memang tape jaman sekarang memerlukan dua setrum, yaitu setrum langsung dan setrum ACC.

Maksudnya setrum langsung adalah setrum yang tak akan mati walaupun kunci kontak di cabut sekalipun. Fungsinya sama seperti jam digital yang ada di mobil anda, yaitu mengingat segala data/ informasi sebelumnya. Biasanya data yang disimpan adalah chanel radio maupun TV yang telah anda pilih sebelumnya dan settingan audio entah itu treble, bass atau midbass-nya.

Sedangkan setrum ACC berfungsi untuk menyalakan tape secara otomatis. Pada saat anda memutar kunci ke posisi ACC, maka tape akan langsung menyala sehingga akan menjaga keawetan head unit anda sendiri. Pada saat kunci kontak di cabut, maka tape akan otomatis mati sendiri.

Kalau kabel massa adalah kabel pembuangan arus dari tape. Ini biasanya dihubungkan dengan badan sasis mobil. Cara termudah adalah menghubungkan (menjepit) dengan baut. Bisa anda gunakan skun bulat untuk menjaga kestabilan arus.

Disarankan untuk pemasangan kabel ACC, kabel setrum langsung maupun kabel massa dilakukan dengan hati – hati, terutama dengan kabel massa.

Apabila kabel ACC maupun kabel setrum langsung terbalik (kabel ACC orisinal dipasang dengan kabel setrum langsung tape, demikian juga dengan setrum langsung orisinal dihubungkan dengan kabel  ACC  tape), maka akibatnya pada saat kunci kontak anda cabut, lalu anda masukkan lagi dan putar ke posisi ACC, maka data sebelumnya akan hilang.

Demikian juga apabila kedua kabel tape tersebut anda gabung ke kabel ACC orisinal, sedangkan kabel setrum langsung orisinal tidak anda gunakan. Maka data head unit akan hilang pada saat kunci kontak dicabut.


Namun, apabila kedua kabel dari tape anda gabung ke kabel setrum langsung orisinal, sedangkan kabel ACC orisinal tidak anda gunakan. Maka memori haed unit tidak akan hilang. Tapi, tape akan terus menyala walaupun kunci kontak telah dicabut. Ini akan memperpendek usia pakai tape dan menghabisi setrum dari  aki (karena tape bisa menyala walaupun mesin mati). Jadi anda harus menekan tombol power bilamana anda tidak mau mendengar musik kembali.

0 comments:

Post a Comment