Sistem Pendingin/ AC ( Bagian 4 )

Thermostat adalah alat pengatur suhu di evaporator supaya evaporator tidak membeku. Apabila evaporator membeku, maka aliran udara dingin tidak sampai keluar karena terhambat dari bunga – bunga es. Ini sering kita rasakan kala saat AC sudah sekian lama dipakai. Pada saat menyalakan AC, terasa suhu kabin dingin. Lalu setelah beberapa saat, terasa angin yang keluar dari blower tidak sekencang pas pertama sekali menyalakan AC. Bahkan kalau diperhatikan seperti ada semacam asap putih yang keluar dari kisi – kisi AC anda.

Ini dapat dicegah dengan menaikan lagi setelan thermostat sehingga pada saat suhu sekian kompresor AC akan mati otomatis. Apabila setelan telah anda naikkan namun kompresor tidak mau mati juga, maka thermostat harus diganti. Harga thermostat hampir mencapai Rp130.000,-

Namun apabila disekitar kota anda tidak terdapat thermostat. Anda dapat mensiasatinya dengan menyalakan/ mematikan AC secara manual.

Apabila angin yang keluar dari kisi – kisi terasa agak mampet. Anda harus mematikan AC sampai kira 2 s/d 5 menit, anda bisa mempercepat pencairan di evaporator dengan membiarkan udara panas mesin masuk kedalam kabin, cukup anda putar knop kearah warm. Paling sekitar setengah menit anda bisa menyalakan AC kembali.


Ulangi hal itu berulang ulang sampai anda menemukan bengkel AC di sekitar anda

0 comments:

Post a Comment