Cara Memasang Kamera Mundur

Ada juga beberapa head unit yang telah tersedia port kamera. Ini berfungsi untuk menampilkan gambar kamera yang biasa dipasang di belakang mobil anda. Jadi ketika anda akan mundur, maka setrum dari lampu mundur akan mengaktifkan secara otomatis gambar yang ada di belakang mobil anda

Cara memasang kamera mundur ada dua cara, yaitu dengan membuat lubang pada bemper anda atau dengan menempel di bawah bemper dengan bantuan baut.

Kedua cara itu ada kekurangan dan kelebihan masing – masing..

Cara pertama keunggulannya adalah kamera akan terlihat rata dengan bemper sehingga tidak mudah rusak atau di curi orang, kelemahannya adalah tidak semua orang yang mau membolongi bemper belakang, apalagi jika warna bemper tidak sama dengan warna kamera. Cara kedua tidak akan merusak bemper karena hanya menempel dibawah bemper dengan bantuan baut, tapi cara ini mudah dicuri orang apalagi rentan terkena air.

Cara pemasangannya cukup mudah, putar kunci kontak dalam posisi on, lalu tuas berada dalam posisi mundur. Maka layar head unit akan menampilkan gambar sesuai dengan belakang anda. Lalu anda atur posisi kamera sedemikian rupa sehingga anda bisa melihat keseluruh kedua ujung bemper belakang anda.

Saran saya apabila anda tidak bisa melihat kedua ujung mobil anda, alangkah baiknya anda fokus ke bagian kiri mobil anda. Karena kebanyakan mobil tertabrak pada saat mundur pada ujung kiri mobil anda

Setelah merasa cocok, perhatikan juga dengan warna kamera yang anda lihat di layar head unit anda. Apakah cerah atau ngak? Biasanya pada kamera yang berkualitas bagus terdapat infamerah sehingga akan terlihat dengan jelas walaupun pada malam hari. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin memasang kamera mundur jangan siang hari, kalau bisa agak kesorean.


Sedangkan dengan sistem perkabelan seperti ini



Yang menjadi penentu aktifnya kamera dan head unit untuk menampilkan gambar belakang adalah lampu mundur.

Pada saat lampu mundur menyala, maka perangkat tersebut akan memberi setrum kepada kamera dan juga head unit pada kabel khusus pada head unit (biasanya pada buku panduan tertulis “rear camera”)


Maka head unit akan langsung menampikan kamera belakang, walaupun anda sedang mematikan monitor atau sedang melihat televisi. Maka akan secara otomatis mengarah pada camera mundur.

Ada beberapa tape yang harus mensetting  apakah yang akan masuk  ke kabel rear kamera adalah arus positif atau arus negatif. Karena pada lampu mundur biasanya mengeluarkan setrum/arus positif. Maka anda diharuskan memilih positive pada menu input kamera.

0 komentar:

Poskan Komentar