Cara membuka panel pintu/ door trim sangatlah mudah

Pertama adalah membuka setiap sekrup yang ada di door trim. Itu ada dua, yaitu di pegangan dalam dan handle dalam.

Lalu buka/ copot segitiga yang menutup baut  kaca spion, kemudian angkat sedikit panel tombol power windows untuk mencopot soket didalamnya.

Setelah itu, tarik door trim dengan menggunakan tangan. Apabila door trim belum pernah dibuka mungkin anda perlu sedikit tenaga untuk membukanya. Perhatikan juga dengan kancingan yang ada di bawah segitiga kaca spion jangan sampai kancing “terbang jauh” karena anda terlalu kuat menariknya.

Setelah anda membukanya, anda bisa melihat speaker 6 inchi yang menjadi sumber suara dalam sistem audio mobil anda.

Setelah anda membukanya, baru anda akan menyadari bahwa speaker ini bukan terlalu mampu untuk memberikan kalitas suara yang anda inginkan. Bisa anda lihat dari ukuran magnetnya yang kecil, lalu membran yang kurang elastis sehingga akan terasa pecah bila diberi suara bass dengan volume yang tinggi.

Solusinya cuma satu, yaitu menganti dengan yang baru dan bagus J

Ada dua jenis speaker yang bisa anda jajali. Speaker slit atau speaker coaxial.

Anda bisa mencari perbedaannya dengan mengamati bentuknya saja.

Pada speaker split lebih di khususkan untuk suara vokal daripada dengan treable apalagi bass. Ini lebih bagus apabila anda memasangnya pada pintu depan. Dengan demikian anda bisa menikmati suara si penyanyi sedangkan suara intrumental berada di sekitar anda.

Harga sepaker split lebih murah daripada speaker coaxial. Namun apabila anda membeli speaker plit beserta tweeter plus crossoffer harganya jadi agak mahal.

Dengan membeli satu paket, maka anda mendapatkan suara treable yang berasal dari tweater beserta crossoffer yang berfungsi untuk penahan bass dan sebagai pemisah antara suara middle dengan suara treable.

Biasanya tweater dipasang di atas dashboard atau ditempelkan pada kaca. Yang penting usahakan supaya tweater jangan terkena sinar matahari langsung karena akan membuat membran didalamnya menjadi keras. Lalu crossoffer bisa anda sembunyikan di belakang console box, supaya tidak goyang anda bisa memberi double tape pada bagian belakang crossoffer.

Oh ya, apabila crossffer terdapat pengaturan level treable. Pilih 0 db sehingga anda bisa mengaturnya secara manual dari head unit anda

Kalau speaker coaxial sudah langsung terpasang tweater pada speakernya sehingga anda tidah perlu lagi menambahkan tweater diatas dashboard. Ada kekuranggannya dan ada kelebihan jika anda menggunakan speaker coaxial. Kelebihannya adalah anda tidak perlu menambahkan tweater sehingga akan mempercepat pemasangan dan harganya lebih murah dibandingkan dengan membeli speaker split beserta paket tweater.

Sedangkan kekuranggannya adalah, efek suara yang ditimbulkan terutama suara treable kurang maksimal apabila anda memutar lagu yang lebih condong ke vokal.

Speaker coaxial bisa terdiri dari lebih dari satu tweater sehingga akan menberikan frekuensi berbeda pada setiap kanal. Ini biasa disebut dengan speaker two-way, three-way atau four-way. Namun jarang saya menjumpai speaker tree-way dan four-way pada keluaran terbaru, sekarang  lebih banyak anda jumpai pada speaker oval.

Usahakan speaker yang anda pas sesuai dengan ukuran lubang pintu. Jangan sampai anda harus memperlebar ukuran lubang karena akan merepotkan tentunya, bisa saja sih, namun jadi kerjaan J

Yang menjadi permasalahannya adalah speker yang bagus pastinya akan memiliki magnet yang tebal daripada speaker lama. Alhasil kadang kala kaca pintu akan tergesek atau mentok terkena magnet pada saat kaca diturunkan.

Ada satu solusi yang bisa anda pakai, yang  jelas magnet tidak anda potong pastinya….

Caranya dengan memberi dudukan baru sehingga speaker akan terlihat menonjol keluar. Bisa anda gunakan kayu yang menyerupai ring speaker. Mengenai ukuran ring kayu yang anda buat bisa anda ikuti dengan ring bawaan speaker.

Masalah bukan langsung berakhir, sekarang yang harus anda lakukan adalah membuang semacam plastik yang mungkin berfungsi untuk melindungi speaker dari air.

Plastik ini haruslah anda potong supaya tidak menganjal speaker yang baru anda pasang. Bisa anda gunakan cutter untuk memotong plastik tersebut.

Pastikan juga terminal speaker tidak terkena langsung dengan bodi mobil. Karena apabila kena, maka akan membuat tape/ head unit kosleting. Atau bisa saja akan membuat tape tetap menyala, namun tidak bisa mengeluarkan suara. Ini biasanya dikarenakan chip suara telah rusak sehingga anda harus mengganti dengan yang baru.


Untuk mengatasinya, bisa anda gunakan selotip atau plester supaya terminal terisokasi dengan bodi mesin. Selain itu, juga perhatikan colokan skun jangan sampai terlepas sehingga akan merusakan head unit anda.

2 comments:

  1. Terima kasih informasinya sangat bermanfaaf

    ReplyDelete
  2. Terimakasih...... Mantabz banget gan.

    ReplyDelete