Door Switch Dua Kabel

Judulnya aneh?
Memang klo gitu,, karena saya agak binggung memberi nama judulnya he,,,,,


Biasanya door switch hanya ada satu kabel saja


Jadi, apa fungsi satu kabelnya?

Seperti yang anda ketahui kabel door switch langsung berhubungan dengan alarm, lampu indikator dan lampu plafon, sehingga apabila salah satu pintu terbuka maka akan mengaktifkan semua ornamen yang telah saya sebutkan tadi.

Sedangkan kabel satunya untuk menyalakan lampu yang ada di pintu



Akibatnya jika salah satu terbuka, maka lampu pintu tersebut akan menyala sedangkan ketiga pintu yang lain tetap mati

Masalahnya jika door switch itu rusah, harganya lumayan mahal sekitar 100 ribu lebih. Bandingkan dengan door switch biasa yang hanya 30 ribuan saja. Itupun door switch setiap merk mobil berbeda - beda.

Jadi yang saya lakukan dengan menggunakan door switch biasa dengan tambahan sebuah dioda

Skema seperti ini
Keterangannya sebagai berikut:

Dioda itu berfungsi untuk menahan arus negatif dari segala ornamen yang ada, misal door switch pintu lain, lampu indikator/ lampu plafon.. Misalnya anda membuka pintu sebelah kanan depan, maka door switch yang terbuka akan memberikan arus ke lampu pintu maupun lampu plafon/.alarm.

Namun jika pintu kiri depan terbuka (dan pintu kanan depan kembali ditutup), maka arus negatif dari door switck kiri depan akan ditahan oleh dioda itu sendiri, sehingga lampu pintu kanan atas tetap mati

Perlu diingat bahw dioda bukan hanya untuk menahan arus negatif saja, namun bisa juga menahan arus positif. Oleh karena itu, jika lampu pintu menyala pada saat pintu lain terbuka tingga balik saja diodanya

Gampang bukan.....

2 comments:

  1. Makasih atas infonya,dioda pake yg berapa ampere?

    ReplyDelete
  2. Iya nich berapa ampere dioda nya.....tq noce info...

    ReplyDelete