Hati - hati membuka remote bawaan proton!

Selamat lebaran saudara - sekalian! Hampir seminggu ini saya vakum menulis karena terlalu sibuk melayani konsumen yang akan pulang kampung, jadi saya agak lelah mengurus blog.

Setelah H+3, bengkel kembali dibuka. Pasti anda pasti tahu pikiran saya,    

sepi.........

Yah, jakarta sepi bro!!!!!!!

Jalanan hampir ngak ada yang lewat, paling orang - orang sekitar tampa helm lalu lalang membeli sesuatu. Setelah hampir 2 jam bengkel dibuka, barulah ada seorang pelanggan membawa mobil proton sedan (saya lupa jenisnya).

Beliau mengeluhkan alarm yang menyala terus tampa bisa dimatikan tanpa remote. Langsung saya ganti baterai remotenya (karena itu yang saya bisa lakukan), didalamnya ada 2 buah baterai jam model pipih nomor 2016.

Lalu ada sebuah batu (atau apa itu namanya) yang langsung terlepas dari dalam kunci remote. Saya kurang tahu dimana letak asalnya, jadi ngak saya pasang  kembali.

Remote sukses! pintu bisa dikunci dibuka....

Namun, beberapa lama alarm berulah lagi!!!

Alarm ngak bisa dimatikan walau pake remote, terpaksa saya buka box seketing dan saya cabut relay klaksonnya (ada di skema kok)

Namun, lampu sen masih kelap - kelip,,,,,,,

Untungnya sang empunya mobil tahu sedikit mengenai mobilnya. Di bawah head unit ada beberapa tombol, kalo ngak salah di tombol nomor 2 dari kiri ( saya lupa memfotonya ) , lambangnya sebuah lingkaran ditengahnya ada titik...

Itu namanya tombol reset alarm,,, langsing saja saya putar kunci kontak ke on dan tekan tombol restart tadi selama 2 detik.... Lampu pun berhenti berkelip :)

Karena saya masih awam mengenai mobil proton, maka saya menyarankan untuk membawa ke dealer proton terdekat ( karena masih H+3, bengkel masih banyak tutup)

Apakah masalah udah selesai???

Teryata belum juga,,,,, mobil tidak mau distater!!!!

Untungnya  batu yang tidak saya pasang tadi masih ada,, jadi saya coba pasang di dalam remote (saya pasang secara asal aja, yang penting remote bisa terkunci rapat :) ,,,,,,,)

Untungnya mobil bisa di stater

Syukurlah ............

Teryata saya ambil kesimpulan, mungkin batu tadi itu semacam magnet atau stabilizer ( yang biasa digunakan untuk mobil yang tidak memakai kunci kontak seperti yaris atau camry). Jadi anda harus berhati - hati mengganti baterai remotenya, jangan sampai mental kemana - mana hehe......


5 comments:

  1. Maaf..kalo boleh tau kalo diganti kunci nya gimana ya..
    Apakah dsitu jual juga..?

    ReplyDelete
  2. Maaf..kalo boleh tau kalo diganti kunci nya gimana ya..
    Apakah dsitu jual juga..?

    ReplyDelete
  3. Maaf..kalo boleh tau kalo diganti kunci nya gimana ya..
    Apakah dsitu jual juga..?

    ReplyDelete
  4. Tengkiyou ...sepele tp gede mamfaatnya ilmunya boss.belajar dari pengalaman .klo mau beli remotnya dimana boss.proton saga 2012

    ReplyDelete
  5. Itu bukan batu / magnet melainkan chip tranponder / immobilizer

    ReplyDelete