Memeriksa Kondisi AC Saat Pulang Mudik

Setelah seminggu pulang kampung (bahkan ada yang dua minggu) sudah saatnya kembali ke rumah kita (yang rumahnya tentu  di kota) untuk bekerja atau sekolah kembali.

Perjalanan jauh dari kampung ke kota sering membuat kita jengkel, apalagi musim lebaran yang membuat semua jalanan menjadi macet parah.

Bilamana jika AC mendadak tidak dingin lagi,,,,, wah makin kacau perjalanan anda :(

Sebelum anda memutuskan ke bengkel, ngak salahnya jika anda membuka kap mesin anda dan lihat apa yang menjadi biang permasalahnnya

Coba anda pegang selang AC yang terbuat dari aluminium itu, ukurannya lebih besar daripada selang yang lain. Apakah dingin hingga berembun atau tidak? Jika selangnya dingin bisa saja ada 2 kemungkinan: Evaporatornya (sarang tawon) kotor sehingga menghambat aliran dingin dari freon. Penyebab kotor itu bisa karena debu disekitarnya, oleh sebab itu disarankan pada saat menyalakan AC ruangan mobil anda harus tertutup, jangan anda membuka kaca jendela pada saat macet misalnya.

Penyebab lainnya selain evaporator kotor bisa saja karena evaporatornya membeku. Kalau ini biasanya disebabkan karena thermostat yang bermasalah sehingga tidak mau memutuskan arus kompresor pada saat evaporator terlalu dingin. Oleh sebab itu jangan sering anda memutar putaran thermostat, itu akan membuat per yang ada didalamnya tidak mau "balik" pada saat kawat membeku. Cukup anda memutar kecepatan blower ( biasa ditunjukkan angka 1,2,3) bila suhu terlalu dingin atau panas.

Nah, kalau selang AC tidak dingin penyebabnya juga ada dua, freon bocor (berkurang ) atau magnet kompresor bermasalah. 

Kalo freon bocor memang agak sulit diketahui tanpa menggunakan alat, namun anda bisa melihat tabung kaca yang biasanya ada di antara kondensor dan evaporator; bisa di drier atau di selang 3/8.

Bila anda melihat tabung kaca agak berbusa/ bergelembung, bisa saja menunjukkan bahwa freon kurang. Namun hal ini kurang berlaku bagi mobil yang menggunakan double blower.

Jika magnet kompresor bermasalah, bisa anda cek di box sekeringnya apakah ada yang putus diantaranya. Kalau tidak ada yang putus, coba lihat kipas AC (extra fan) apakah nyala atau mati?

Kalo mati itu biasanya disebabkan oleh kelistrikannya, sekali lagi anda cek sekering di kap mesin maupun di bawah setir.

Jika extra fan tetap menyala, coba anda lihat indikator temperatur mesin anda yang ada di spedometer. Jika melewati setengah, harap matikan mesin anda. Karena ada beberapa mobil yang memiliki komputer yang memerintahkan untuk mematikan beberapa komponen untuk memperingan kerja mesin.

Jika indikator suhu masih normal dan sekering tidak ada yang putus. Tidak ada jalan lain selain mencari bengkel AC yang masih buka hick, hick, hick





0 comments:

Post a Comment