Berbagai Jenis Monitor Mobil

TV plafon/ roof

Adalah head unit yang menempel di atas plafon mobil. Mampu membaca VCD, DVD, USB dan iPod. Tak ada kelemahan yang saya temui kecuali susahnya mengaplikasikan alat ini karena harus di bor supaya agak kokoh dan menjalankan kabel sehingga rawan merusak plafon mobil anda apabila pemasangan kurang hati – hati.






TV Sunvisor/ Penahan cahaya matahari
Head unit yang dipasang di sebelah kiri depan, tepatnya di penahan cahaya matahari. Mampu membaca VCD, DVD, USB, iPod dan resever TV. Yang jelas pemasangan agak mudah namun layar yang agak kecil sehingga penumpang belakang mesti memakai kaca mata apabila memiliki penyakit rabun jauh J



TV headrest/ bantalan kepala
Head rest yang sangat ideal menurut saya karena mapu menampung segala media yang ada, mudah pemasangannya. Namun harga yang sangat mahal yang menjadi kendalanya. Bahkan pada model terbaru bisa menampilkan sinyal TV yang berbeda dengan sebelahnya. Ada juga yang disetakan DVD player dan game  didalamnya sehingga anak anda bisa menonton kartun/ bermain game sesukanya

Semua model head unit yang saya jelaskan diatas semuanya dapat dipasang pada mobil Avanza maupun Xenia. Sekarang tinggal selera anda saja, fungsi serta kecocokan dengan kabin kendaraan anda.

Hampir semua head unit diatas mempunyai dua kabel power, yaitu kabel ACC (warna merah ) dan kabel massa (warna hitam). Kalau kabel merah dapat anda hubungkan dengan kabel ACC tape, sedangkan kabel massa dapat anda hubungkan dengan sasis mobil disekitar head unit, entah di baut atau bekas lubang bor.

Selain itu, juga terdapat kabel RCA in-video (bewarna kuning) yang dihubungkan dengan port RCA ou-video pada head unit. Jadi apabila head unit sedang menampilkan acara A, maka TV headrest juga akan menampilkan acara A juga.

Dan beberapa jenis head unit yang memiliki RCA out-audio, ini biasa bagi peralatan yang bisa menangkap sinyal TV sendiri atau memiliki VCD/DVD player. Ini akan dihubungkan dengan port RCA in-audio pada head unit utama anda. Jadi apabila TV plafon misalnya sedang menayangkan siaran RCTI, maka suaranya dapat keluar dari keempat speaker yang ada, dengan catatan head unit dalam mode Aux In.



Jenis – jenis head unit

Single Din with CD/VCD/DVD

Adalah head unit yang sudah memiliki kemampuan membaca VCD ,DVD, USB dan iPod. Namun tidak memiliki layar/ display untuk menampilkan gambar video yang akan ditampilkan

TV Doble din
Adalah head unit yang mampu membaca VCD, DVD,USB dan iPod serta mampu menampilkan gambar video. Namun ukuran yang 2 slot sehingga tidak semua mobil mampu menerimanya
(anda beruntung yang memiliki Avanza/ Xenia karena hampir semua TV double din bisa diaplikasikan pada dashboar anda)

TV in- dash
Adalah head unit yang mampu membaca VCD, DVD, USB dan iPod. Selain itu TV in-dash mampu menampilkan gambar video yang berasal dari disk, bukan hanya itu saja TV in- dask memiliki ukuran 1 slot sehingga mampu menerima di semua mobil. Kelemahan utamanya adalah karena sering dibuka tutup maka gigi roda pembuka layar menjadi mudah rusak dan aus.



Mengganti Head Unit Bawaan Avanza/ Xenia ( Bagian 4)

Apabila kabel massa anda hubungkan ke kabel ACC ataupun kabel setrum langsung, maka akan mengakibatkan kerusakan serius pada tape anda. Tape anda akan mati dan tidak bisa dipergunakan lagi.

Kalau kabel speaker yang terdiri dari empat pasang, idelanya harus mengikuti jalur yang sesuai. Maksudnya kabel yang menghubungkan speaker kanan haruslah dihubungkan dengan kabel speaker kanan. Demikian juga dengan kabel positif speaker dihubungkan dengan kabel positif pada head unit.

Ini untuk memaksimalkan mutu suara yang dihasilkan dan menjaga koordinasi antara balance ( kiri-  kanan )dan fander-nya (depan  -belakang).

Bagaimana jika anda ingin memasang head unit berbentuk double din, sedangkan panel dashboard anda hanya bisa dijajal dengan tape single din?


Caranya dengan memotong laci dibawahnya dengan menggunakan pisau cutter. Potonglah dengan hati – hati supaya hasil potongannya sesuai dengan jalur potongnya.


Hendaknya laci bekas potongan anda simpan sehingga apabila anda ingin mengganti dengan tape single din semula lagi, maka laci dapat dipasang lagi dengan menggunakan lem silicon.

Mengganti Head Unit Bawaan Avanza/Xenia (bagian 3)

Cukup mudah bukan? Dengan menghubungkan tiap – tiap kabel sesuai dengan masing – masing fungsinya, misal kabel massa pada tape orisinal anda potong lalu sambungannya dihubungkan dengan kabel massa head unit baru sesuai dengan buku panduannya.

Pada umumnya tape/ head unit non orisinal memiliki warna kabel yang hampir sama.  Biasanya fungsinya sebagai berikut


Merah            : Acc
Kuning           : setrum langsung
Hitam             : massa/ ground
Abu abu         : kanan depan (+)
Abu abu strip : kanan depan (-)
Putih              : kiri depan (+)
Putih stip       : kiri depan (-)
Ungu              : kanan belakang (+)
Ungu strip      : kanan belakang (-)  
Hijau              : kiri belakang (+)
Hijau stip       : kiri belakang (-)

Ada juga warna kabel yang berbeda, namun jarang di pasaran
Merah            : Acc
Kuning          : setrum langsung
Hitam            : massa/ ground
Abu abu        : kanan depan (+)
Abu abu strip: kanan depan (-)
Hijau             : kiri depan (+)
Hijau stip      : kiri depan (-)
Biru               : kanan belakang (+)
Biru strip      : kanan belakang (-)  
Coklat           : kiri belakang (+)
Coklat  stip   : kiri belakang (-)

Walaupun ini bukanlah sebuah patokan, setidaknya akan memberi kemudahan bagi anda

Mungkin anda bertanya, mengapa tape memerlukan dua setrum? Memang tape jaman sekarang memerlukan dua setrum, yaitu setrum langsung dan setrum ACC.

Maksudnya setrum langsung adalah setrum yang tak akan mati walaupun kunci kontak di cabut sekalipun. Fungsinya sama seperti jam digital yang ada di mobil anda, yaitu mengingat segala data/ informasi sebelumnya. Biasanya data yang disimpan adalah chanel radio maupun TV yang telah anda pilih sebelumnya dan settingan audio entah itu treble, bass atau midbass-nya.

Sedangkan setrum ACC berfungsi untuk menyalakan tape secara otomatis. Pada saat anda memutar kunci ke posisi ACC, maka tape akan langsung menyala sehingga akan menjaga keawetan head unit anda sendiri. Pada saat kunci kontak di cabut, maka tape akan otomatis mati sendiri.

Kalau kabel massa adalah kabel pembuangan arus dari tape. Ini biasanya dihubungkan dengan badan sasis mobil. Cara termudah adalah menghubungkan (menjepit) dengan baut. Bisa anda gunakan skun bulat untuk menjaga kestabilan arus.

Disarankan untuk pemasangan kabel ACC, kabel setrum langsung maupun kabel massa dilakukan dengan hati – hati, terutama dengan kabel massa.

Apabila kabel ACC maupun kabel setrum langsung terbalik (kabel ACC orisinal dipasang dengan kabel setrum langsung tape, demikian juga dengan setrum langsung orisinal dihubungkan dengan kabel  ACC  tape), maka akibatnya pada saat kunci kontak anda cabut, lalu anda masukkan lagi dan putar ke posisi ACC, maka data sebelumnya akan hilang.

Demikian juga apabila kedua kabel tape tersebut anda gabung ke kabel ACC orisinal, sedangkan kabel setrum langsung orisinal tidak anda gunakan. Maka data head unit akan hilang pada saat kunci kontak dicabut.


Namun, apabila kedua kabel dari tape anda gabung ke kabel setrum langsung orisinal, sedangkan kabel ACC orisinal tidak anda gunakan. Maka memori haed unit tidak akan hilang. Tapi, tape akan terus menyala walaupun kunci kontak telah dicabut. Ini akan memperpendek usia pakai tape dan menghabisi setrum dari  aki (karena tape bisa menyala walaupun mesin mati). Jadi anda harus menekan tombol power bilamana anda tidak mau mendengar musik kembali.

Mengganti Head Unit Bawaan Avanza/ Xenia ( Bagian 2 )

Di artikel saya sebelumnya sudah sedikit saya paparkan tentang head unit mobil khususnya mobil Toyota.

Dibelakangnya terdapat dua soket, soket yang terdiri dari delapan kabel dan empat kabel. Adapun kegunaan masing – masing kabel adalah sebagai berikut( jika dilihat dari belakang ):

Lalu bagaimana dengan kabel head unit yang akan dipasang? Keterangan mengenai kegunaan tiap – tiap kabel dapat anda baca pada buku panduan yang telah anda dapat. Ini bisa juga dapat anda lihat pada lebel yang biasa dipasang di atas tape



Dan ada beberapa head unit mencantumkan keterangan pada setiap kabel






Mengganti Head Unit Bawaan Avanza/ Xenia ( Bagian 1)

Pada mobil avanza/ xenia, tape standar pabrikan adalah tape kaset. Sedangkan pada produksi baru sudah diberikan tape CD audio

Walaupun tape yang diberikan standar, namun hasil suara yang dikeluarkan tidak begitu buruk. Dengan lebih dominan suara vocal anda sudah dapat terhibur pada saat mengalami kemacetan.

Tape bawaan termasuk tape yang sangat baik menangkap sinyal audio. Dibandingkan dengan tape buatan local, sinyal radio yang ditangkap lebih jernih.  

Hal ini dibantu dengan antenna radio yang berkualitas bagus dan dapat ditarik panjang untuk mendapat sinyal lebih bagus lagi. Kelemahannya adalah antenna yang terlalu panjang akan mudah tersangkut dengan ranting – ranting pohon atau terkena portal. Akibatnya antenna menjadi mudah patah. Untuk menggantinya, anda harus mengeluarkan Rp80.000,- untuk mendapatkan antenna yang sama seperti sebelumnya.

Apabila anda ingin mengganti tape bawaan pabrik dengan tape lain supaya bisa memutar CD atau DVD. Itu bukan masalah….

Caranya dengan membuka panel depan dulu. Caranya dengan membuka laci yang biasa dipakai untuk tempat abu rokok. Lalu lepaskan kancingan didalamnya.

Sesudah itu, tarik panel dengan hati – hati mulai dari bawah lalu keatas. Stelah terbuka, maka tape lama dapat anda ambil dengan membuka empat baut disekitarnya dengan menggunakan obeng.

Dibelakangnya terdapat dua soket, soket yang terdiri dari delapan kabel dan empat kabel. Adapun kegunaan masing – masing kabel adalah sebagai berikut:

Sistem Pendingin / AC (Bagian 5)

Kipas AC bisa mati karena dua sebab, yaitu karena adanya kabel putus sehingga motor kipas tidak bisa bergerak lagi. Kalau tidak ada kabel yang putus, coba perhatikan dengan kompresornya. Apabila kompresor juga mati, maka bisa saja sekering AC kompresor putus. Bila sekering tidak putus, mungkin dikarenakan saklar AC yang rusak atau soket yang longgar.  Jadi mau ngak mau anda harus memeriksa kelistrikan mulai dari saklar, thermostat, blower (jika mati juga), switch preasure, hingga kabel massa juga.


Dan sebab terakhir matinya ekstra fan tentu adalah motornya itu sendiri. Cara yang paling aman dan cepat adalah menggantinya, anda bisa saja menservisnya namun waktu yang diperlukan lumayan lama dan biasanya hasilnya tidak bisa bertahan lama. Harga motor fan bisa mencapai Rp600.000 termasuk ongkos gantinya 

Sistem Pendingin/ AC ( Bagian 4 )

Thermostat adalah alat pengatur suhu di evaporator supaya evaporator tidak membeku. Apabila evaporator membeku, maka aliran udara dingin tidak sampai keluar karena terhambat dari bunga – bunga es. Ini sering kita rasakan kala saat AC sudah sekian lama dipakai. Pada saat menyalakan AC, terasa suhu kabin dingin. Lalu setelah beberapa saat, terasa angin yang keluar dari blower tidak sekencang pas pertama sekali menyalakan AC. Bahkan kalau diperhatikan seperti ada semacam asap putih yang keluar dari kisi – kisi AC anda.

Ini dapat dicegah dengan menaikan lagi setelan thermostat sehingga pada saat suhu sekian kompresor AC akan mati otomatis. Apabila setelan telah anda naikkan namun kompresor tidak mau mati juga, maka thermostat harus diganti. Harga thermostat hampir mencapai Rp130.000,-

Namun apabila disekitar kota anda tidak terdapat thermostat. Anda dapat mensiasatinya dengan menyalakan/ mematikan AC secara manual.

Apabila angin yang keluar dari kisi – kisi terasa agak mampet. Anda harus mematikan AC sampai kira 2 s/d 5 menit, anda bisa mempercepat pencairan di evaporator dengan membiarkan udara panas mesin masuk kedalam kabin, cukup anda putar knop kearah warm. Paling sekitar setengah menit anda bisa menyalakan AC kembali.


Ulangi hal itu berulang ulang sampai anda menemukan bengkel AC di sekitar anda

Sistem Pendingin/ Ac (Bagian 3)

Ekstra fan mati ini sangat mudah anda lihat dengan mengamatinya. Apabila kompresor mati sedangkan fan AC mati, maka bisa dipastikan kipas pendingin mati.

Cara tercepat adalah menganti dengan yang baru. Harga berkisar Rp.300.000 hingga jutaan tergantung mobilnya. Mobil serena saja yang orisinal (karena gak ada imitasinya) berkisar 1,2 juta beserta jasa pemasanggannya

Pada kecepatan tinggi, AC kurang dingin. Ini juga sering dialami bagi mobil yang sudah lawas. Sirkulasi Freon dari cair menjadi gas ditentukan oleh drier dan ekspansi.

Seperti halnya oli mesin, Freon yang kerap bersirkulasi pada sitem pendingin AC lama – lama akan menjadi kotor. Kotoran itu berasal dari kompresor dan biasa menumpuk di kondensor.

Oleh karena itu, tugas penyaringan itu diberikan kepada drier yang berada di belakang kondensor. Untuk servise berkala drier hendaknya diganti maksimal 2 tahun sekali. Apabila tidak, maka kotoran yang telah menumpuk akan menuju sesudah drier yaitu ekspansi.

Ekspansi bertugas untuk mengubah Freon menjadi gas. Hal ini dikarenakan lubang kecil dan tekanan tinggi yang mengakibatkan proses itu terjadi.

Apabila ekspansi tersumbat, maka tekanan pada selang antara eskpansi dengan drier menjadi tinggi. Tekanan akan semakin tinggi apabila mesin berputar dengan cepat.

Oleh sebab itu, ada sebuah switch yang mengatur tekanan pada selang tersebut. Apabila tekanan pada selang tersebut kurang atau berlebih dari kondisi standar, maka switch akan mematikan arus ke kompresor sehingga AC mati berputar. Hal ini berguna supaya selang tidak meledak.

Apabila hal ini terjadi pada mobil anda, maka perlu adanya pembersihan total pada selang – selang, kondensor, evaporator, kompresor plus penggantian drier dam ekspansi. Harga drier berkisar Rp150.000,-. sedangkan ekspansi sekitar Rp100.000. kalau ongkos pencucian bisa mencapai Rp.100.000 lebih belum termasuk Freon.


Sistem Pendingin/ AC (Bagian 2)

Anda tinggal memutuskan apakah mau mengganti komponen yang mengalami kebocoran atau tetap menambah Freon saja.

Namun untuk mengetahui dimana letak kebocoran memerlukan waktu yang lumayan lama. Biasa yang pertama sekali adalah memeriksa evaporator. Maklum evaporator yang tidak pernah dibersihkan akan mudah lapuk karena lembab. Biaya untuk mengganti evaporator mulai dari Rp.550.000,- (imitasi) hingga Rp.1.200.000,- (orisinal). Namun evaporator yang kebocorannya berada diluar kisi – kisi masih bisa di las listrik dengan biaya Rp.40.000,-. Namun kadang – kadang 3- 5 bulan  akan mengalami kebocoran lagi.

Langkah selanjutnya adalah memeriksa kondensor. Kondensor mudah bocor dari lontaran kerikil yang ada dijalan. Kotoran oli pun mudah terperangkap di kondensor yang akan membuat lapuk.

Kondensor baru berkisar 500 ribuan dan bisa lebih

Demikian juga dengan selang AC, pada umumnya selang AC yang sering mengalami kebocoran berada diantara evaporator dengan kompresor. Ini disebabkan karena pada selang tersebur Freon berbentuk gas sehingga mudah merembes keluar. Biaya untuk mengganti selang berkisar Rp.120.000,- termasuk fitting.

Kompresor mendadak tidak berputar adalah salah satu penyebab yang sering ditemui. Hal ini dapat ditandai dengan berputarnya kipas AC/ ekstra Fan, namun kompresor tidak berputar. Hal ini karena magnet spul yang sudah tua sehingga tidak kuat menarik center pis ke poli kompresor.


Harga untuk menggantinya berkisar RP.400.000,-. Namun bisa juga anda mengganti satu paket beserta poli dengan center pis dengan harga Rp900.000,-. Karena ada beberapa hal yang membuat  magnet spul rusak karena lahar poli yang sudah oblak sehingga membuat dekrup center pis rusak dan membuat magnet menjadi panas.