Dimana letak sekering foglamp bawaan avanza?

Salah satu yang paling membuat keder ( binggung) bagi saya adalah apabila tidak mengetahui relay mana yang rusak jika tidak ada pedomannya ditambah lagi sekering yang bersangkutan  sudah tidak ada ( mungkin pernah dicoba oleh orang lain tapi tidak ketemu solusinya )

Hal ini yang saya alami saat kostumer datang mengeluhkan lampu foglamp nya mati kedua -duanya.

Tentu saja saya periksa sekering mana yang putus ( biasanya kalo lampu kiri kanan mati berarti sekeringnya yang putus )... Apalagi sekarang lagi musim banjir sehingga lampu foglamp yang terendam banjir sering mengalami konsleting.

Ketika saya lihat di skema letak sekering fog lamp ada disini


Namun sekeringnya sudah tidak ada..........


Jadi saya colokkan sekering sesuai dengan besar ampere yang diperlukan...

Apakah lampu udah menyala?

Ternyata belum juga menyala.....

Saya coba cari relaynya hanya saja tidak tahu dimana letaknya karena tidak disebutkan dimana letaknya. Saya coba alihkan ke bagian sekering dalam, tepatnya dibawah stir.

Disana ada 4 relay yang tersusun berderet, namun saya tidak tahu mana relaynya. Jadi saya copot satu persatu dan saya cek 86 nya

Aha,,, akhirnya ketemu juga. Relaynya ada disebelah kanan paling luar


Akhirnya saya ganti dengan yang baru dan lampu foglamnya langsung nyala :)









20 comments:

  1. Maaf bang baru engeh kalo yang digambar sekring itu kayanya ada kesalahan yang dilingkari itu sekring ECU-B bukan F-FOG, sekring F-FOG itu yg 15A warna biru dibawahnya yang dilingkari deket sekring BACKUP. Mungkin bisa dikoreksi lagi bang, trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bang hendri, mungkin yg dimaksud yg biru sblh back up tp salah melingkari

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Bukan sekring yg dia maksud tp relaynya

      Delete
  2. punyaku Terios TX fog lamp nya mati dua duanya kiri kanan
    Letak sekringnya disebelah mana ya???

    ReplyDelete
  3. punyaku Terios TX fog lamp nya mati dua duanya kiri kanan
    Letak sekringnya disebelah mana ya???

    ReplyDelete
  4. Punyaku toyota calya frog lamp nya mti kiri n kanan.. Tlg info gan letak sekringnya yg mana..

    ReplyDelete
  5. Sekring pompa bensin dimana ya untuk ne w avanza E 2012

    ReplyDelete
  6. FOG lamp avanza lama cara wiring spt avanza baru ada skemanya..

    ReplyDelete
  7. Xenia Xi 2008, relay cuma ada 3, yg paling kanan ga ada (ada Lubang nya, tp ga ada soketnya) gimana ya? Atau letaknya ditempat lain?

    ReplyDelete
  8. Xenia Xi 2008, relay cuma ada 3, yg paling kanan ga ada (ada Lubang nya, tp ga ada soketnya) gimana ya? Atau letaknya ditempat lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin memang kosong mas Budi, kalau ngak ada soketnya berarti memang jenis Xenia mas memang ngak ada (ngak mungkin pindah ketempat lain)

      Delete
  9. Cara reset ECU Toyota rush gmn ya bang???
    Tks

    ReplyDelete
  10. Cara reset ECU Toyota rush gmn ya bang???
    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau reset Ecu sih harus ke spesialisnya mas, kalau saran saya mas Arianto gabung ke komunitas Facebook aja mungin ada bisa bantu

      Delete
  11. Mohon info jika trobel mesin mendadak mati diawali kayak kelistrikan drop apa penyebabnya..
    Kronologi, lampu besar meredup, kelistrikan drop tiba2 spt minta starter ulang tp mesin tetep nyala hingga ahirnya mesin mati mendadak semua lampu inikator nyala semua sampai bunyi alrm peringatan.. Tp distarter kembali langsung jos.aki baru ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah mempunyai pengalaman seperti itu, jadi sama teknisinya ditambahin kabel ground dari aki ke chasis mesin. Mungkin bisa membantu mas Agung

      Delete
  12. Gan ada yg bisa bantu ga? Mobil ane grand new veloz 2017, ane ganti stoplamp yg led kedip sama lampu senja ane ganti led jg. Tapi pas semua udh kepasang ga ada yg idup, cuma lampu remnya aja yg kedip. Lampu malam dan lampu senja bahkan lampu yg di radio mati jg,( kecuali radionya idup ya ) klo avanza kan nyalain lampu senja walaupun radio mati ttp pada idup kan tuh. Ini jadi mati semua akhirnya ane ganti bohlam standartnya lagi sama jg ga nyala jg,malah foglamp ikut mati. Ada yg pernah ngalamin ga? Mohon dibantu gan

    ReplyDelete
  13. klo lampu mundur mati sebelah kiri knapa ya, padahal udah ganti lampu baru, trus baikinnya gimana? bolehkah di jumper dari kabel lampu mundur sebelah kanan? trims

    ReplyDelete
  14. Mohon info sekring lampu rem mati padahal udh ta ganti 2 duanya knapa y?(Avanza 2010)maksih para suhu

    ReplyDelete