Ketika Central Lock Kijang Bermasalah

Seorang pemilik Kijang lama mengeluh dengan alarm yang tidak berfungsi untuk membuka menutup central lock nya.
Pertama sekali yang saya lakukan adalah memastikan apakah central lock yang berada di pintu supir berfungsi dengan baik atau tidak.
Ternyata ketika saat saya menekan tombol lock yang ada di pintu kanan depan (pintu supir), ketiga pintunya tidak berfungsi dengan semestinya. Lalu saya membuka door trim untuk memastikan apakah tombolnya masih berfungsi atau tidak?
Saya cek kabelnya ternyata tidak ada masalahnya, demikian juga dengan motor central locknya, "masih bagus, menurut saya".

Kemudian saya beralih di bagian alarmnya, kabel out pun untuk mengerakan modul central lock berfungsi dengan baik.
Jadi bagian terakhir yang saya periksa adalah modul central lock
Letak central lock ada dibagian belakang sekering , untuk lebih gampangnya saya membuka penutupnya untuk melihat lebih jelas.
 
Kotak hitam itulah modul central locknya, saya cek setrumnya apakah ada atau tidak, setelah saya menggunakan tespen ternyata setrumnya masih ada

Permasalahannya cuma soketnya yang kendor, mungkin karena usia/ goyang selama perjalanan sehingga membuat soket perlahan - lahan menjadi kendur.


Selain itu saya juga mengencangkan kabel yang menghubungkan tombol cental lock  dengan kabel alarm karena sebelumnya juga mulai lapuk.














Jadi urutan yang saya ambil jika saya mengalami hal seperti ini adalah

  1. Periksa central lock yang ada di pintu supir, apakah saat anda tutup ketiga pintunya juga tertutup
  2. Apabila mengalami masalah coba cek sekeringnya, biasanya ada tulisan doorlock atau biasa disingkat D/L
  3. Apabila sekering tidak putus coba periksa modulnya. Ada beberapa jenis mobil yang dimana modul tergabung dengan box sekering sehingga anda cukup mengganti relay nya saja dan ada juga yang satu paket ( satu kotak) sehingga bisa anda ganti langsung satu set
  4. Jika central lock yang ada dibagian pintu supir tidak mengalami masalah, maka anda bisa beralih ke modul alarm. Cek sekering yang ada di modul alarm dan juga anda cek kabelnya, mungkin saja ada yang kendor dibagian soketnya

Nah, demikian lah pesan dari saya :)

3 comments:

  1. letak sikring d/l lgx taun 2002 dimana bro

    ReplyDelete
  2. Gan boleh mnta skema pemasangan nya gak untuk kijang lgx, soalnya saya abis masang tapi door locknya gk ke kunci otomatis, alarm yg lama saya auto2000 nah yg baru merk fortech

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete