Kenapa alarm masih bunyi walau pintu sudah tertutup rapat.


Ini sering saya temui untuk mobil lama dimana door switch sudah banyak yang berkarat sehingga arus massa yang seharusnya terputus jika pintu tertutup rapat malah masih mengandung sedikt arus negatifnya.

Kadang-kalanya saat anda memeriksa dengan menggunakan tespen, lampu tespen tidak menyala. Namun saat anda menekan remote alarm-gembok tertutup (arming), suara sirine ada 3x yang artinya ada salah satu pintu yang tidak rapat.
Salah satu yang sering menjadi pusat permasalahnnya adalah pintu yang ada dibagian belakang, seperti yang sering saya alami adalah kijang, avanza atau mobil yang lain.
Ini sering dikarenakan door lock langsung menyatu dengan door switch sehingga memberi kesan pintu sudah tertutup namun door switch masih menyala.
Jadi yang saya lakukan adalah memotong kabel door switch yang ada dibelakang dengan resiko alarm tidak akan bunyi jika pintu belakang terbuka.
Atau bisa anda bersihkan dengan alkohol atau bensin untuk menghilangkan kotoran yang ada di door lock tersebut.
Jika masih bermasalah, maka anda bisa menggunakan "jurus terakhir" saya.
Ini biasa dialami jika anda memasang perangkat yang berhubungan dengan door switch seperti lampu kolong atau lampu buat kokpit. (Yang biasa untuk meletakan tisue, berada diatas plapon)
Hal ini dikarenakan ada komponen yang sudah agak "short" sehingga memberi kesan ada arus negatif yang langsung ditangkap oleh alarm
Yang bisa anda lakukan adalah memberi tahanan (resistor) pada kabel door switch yang akan menuju ke modul alarm. namun jika tidak ada, anda bisa menggunakan lampu kecil beserta rumahnya.
Lihat skema dibawah:


 Jadi lampu kecil akan menyala saat pintu terbuka dan akan menyala redup (bahkan tidak terlihat nyala sekali) saat pintu tertutup. Jadi lampu ini bertugas untuk "menyerap" arus negatif dari door switch  supaya tidak masuk ke alarm

1 comments:

  1. Salam Pak, infonya berguna untuk mobil saya, apakah bapak bisa bantu memperbaiki masalah alarm? ada no yg bisa dihub?

    ReplyDelete