Memasangan Toa alarm pada mobil Agya

Hampir semua mobil yang masih menggunakan alarm bawaan mobil menggunakan klakson sebagai Toa alarm itu sendiri. Namun kadang kalanya kita merasa tidak enak dengan suara yang dihasilkannya.
Terlalu keras sehingga takut membangunkan tetangga, apalagi jika alarm nya menyala, pasti deh kanan kiri rumah pada bangun.
Salah satu solusi yang bisa anda lakukan adalah mengganti klakson dengan toa alarm yang bisa anda beli dibengkel terdekat (ditempat saya harganya Rp 50.000)
Cari tempat yang ideal untuk meletakkan toa alarm tersebut, namun saya menyarankan untuk meletakkan didekat aki karena kabel merah toa akan langsung dihubungkan dengan arus positif dari aki.
Pada umumnya output alarm untuk klakson adalah arus negatif, sehingga daripada anda menggunakan relay untuk mengubah arus anda bisa mengakalinya sendiri.
Cari kabel output klakson dengan cara menggunakan tespen khusus DC, ujung penjepit anda hubungkan dengan massa, lalu cari kabelnya dengan menusuk disoket tersebut. Jika klakson berbunyi, itulah kabel outputnya. Langsung anda potong dan hubungkan kabel ke toa alarmnya.
Untuk mobil Agya, modul alarmnya ada disebelah kanan tepat disisi kanan sehingga bagi anda yang memasang kaca film harus hati- hati menyemprot air di sebelah kanan pilar A karena air sabun langsung turun ke modul alarm.
Jika terkena (pengalaman saya), lampu sen akan berkedip walau semua pintu sudah tertutup rapat.

Semoga bermangfaat :)

4 comments:

  1. Dibagian apa om saya gatau om tempatnya

    ReplyDelete
  2. Modul alarm agya di tempat mana om ane bingung mau cari kabel yang warna apa untuk misahin klakson dengan modul mohon pencerahanya lagi om..

    ReplyDelete
  3. Misi om.. apakah utk mobil rush sama dengan modul alarm agya ? Tolong pencerahannya..

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete