Hampir setiap mobil baru sudah disediakan filter AC, tujuannya jelas untuk filter debu yang terisap oleh blower supaya tidak masuk ke evaporator. Apalagi mobil sekarang memiliki ruangan yang sempit dan rumit sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membongkar dashboard. Menggunakan filter ac merupakan langkah yang tepat untuk menghemat waktu dan biaya membongkar dashboard untuk membersihkan evaporator.

Salah satu mobil yang tidak dilengkapi dengan filter ac adalah all new avanza/ xenia. Padahal untuk jenis lamanya seperti avanza tahun 2010 sudah dilengkapi dengan filter ac, mengapa untuk mobil generasi terbaru tidak dilengkapi dengan perangkat ini?

Kebetulan suatu hari saya pernah membongkar head unit kostumer (mau dipasang power amplifiaer) dan untuk menjalankan kabel saya harus membuka laci sebelah kiri, ternyata saat saya melihat filter ac ditutupi dengan menggunakan jaring kawat yang cocok dengan lubang isap, ini merupakan hal yang baru menurut saya.

Setelah saya copot saringan ini, mengingat tidakdiberikan semakan perekat karena posisi ada diatas,saya perhatikan alat ini. Ternyata itu cuma satingan teh yang biasa di dapur, hanya ini memiliki diameter yang besar sehingga cocok dengan lubang blower.

Ini adalah salah satu langkah yang bisa anda lakukan untuk menjaga evaporator dari debu bagi anda pemilik All new avanza


0 comments:

Post a Comment