Memasang stir Racing

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memodifikasi mobil kesanyangan anda, baik eksterior maupun interior. Untuk interior salah satu yang sering saya jumpai adalah mengganti stir bawaan menjadi stir racing.
Dengan menggunakan stir racing, maka penampilan dashboard ada sedikit perubahan sehingga anda menjadi tidak bosan saat mengemudi, terlebih lagi karena diameter stir racing lebih kecil menjadikan anda menjadi mudah memutar stir daripada stir dengan diameter besar.
Namun ada beberapa hal yang harus menjadi bahan pertimbangan sebelum anda memutuskan menggunakan stir racing.
  1. Pastikan mobil anda sudah dilengkapi dengan power stering, karena diameter stir yang lebih kecil menjadikan perlu tenaga lebih untuk memutar kemudi.
  2. Jika diperlukan, mobil anda sudah dilengkapi dengan EPS sehingga pada saat kecepatan tinggi stir tidak mudah diputar.
  3. Anda harus membeli boskit. Boskit adalah penghubung antara stir racing dengan gerigi tengah kemudi mobil. Setiap jenis mobil memiliki jenis boskit yang berbeda, harganya bervariasi, dimulai dari 250 ribu hinggga 500 ribu. Saya pernah memasang boskit Yaris dengan harga 650 ribu, karena menggunakan kabel fleksibel untuk klakson.
  4. Jika stir anda sudah dilengkapi dengan air bag, maka anda harus membawa ke teknisi yang mampu mengangkat/ menonaktifkan air bag. Apalagi jika air bag diangkat, maka di indikator airbag di spedometer akan menyala.
  5. Jika mobil anda dilengkapi dengan kunci stir (apalagi kunci stir yang menyangkut ke dashboar) pastikan kunci stir masih bisa digunakan.
  6. Cari bahan yang tidak licin sehingga tidak menggangu saat tangan anda basah atau berkeringat.
  7. Ini bisa terjadi juga pada anda, jika tombol klakson racing anda berbahan metal kadang-kadang tangan anda terasa "kesetum" saat menekan klakson. Hal ini dikarenakan klakson anda menggunakan relay atau klakson anda menggunakan sistem "main ground" seperti panther, carry, kuda dll   

0 comments:

Post a Comment