Penyebab Sekering Suka Putus (bagian 1)

Ketika anda sedang asik berkendara, tiba-tiba lampu mobil mati/ audio mati/ masalah kelistrikan lainnya membuat anda tidak bisa melanjutkan perjalanan. Cara yang biasa anda lakukan dengan mengecek sekering yang ada di kap mesin atau yang ada dibawah stir.
Jika anda tidak memiliki tespen untuk mengetahui sekering mana yang putus, bisa saja anda membaca diagram yang ada di box sekering. Misalnya jika lighter mati maka anda bisa melihat gambar rokok/ terdapat tulisan cigar, radio mati bisa anda cek sekering yang bertulisan radio/ acc.
Tapi setelah anda menggantinya, tidak beberapa lama sekering putus lagi .... maka sudah dapat dipastikan ada komponen atau kabel yang terbakar sehingga mengenai ground dan terjadilah kosleting.
Agak sulit memang jika anda kurang memahami jalur perkabelan tapi anda bisa menggunakan penglihatan atau penciuman jika ada bau gosong. Coba anda gunakan senter untuk mengecek setiap kabel yang ada dibawah dashboard, terlebih lagi jika anda terlalu banyak memasang komponen sehingga banyak kabel yang berantakan disana-sini.
Jika ketemu, coba anda potong dan ganti kabel baru sesuai dengan panjang kabel yang telah anda potong tadi. Harap diingat kabel yang terlalu panjang sehingga anda harus menggulungnya bahkan diikat dengan jabel ties  kurang baik untuk keamanan, apalagi kabel yang dialiri oleh arus yang besar. Oleh sebab itu, ukur panjang kabel sesuai dengan yang dibutuhkan, boleh lebih tapi jangan terlalu banyak.
Kabel dengan ukuran besar bukan berarti kabel tersebut baik untuk dipakai untuk arus besar, coba anda kupas sedikit ujungnya dan lihat seratnya apakah terlalu halus dan mudah putus walau anda tarik dengan tangan? Jika demikian kabel tersebut hanya cocok untuk komponen yang tidak membutuhkan arus besar atau arus yang cukup diperlukan sebentar saja seperti lampu led atau central lock.
Arus yang besar bukan anda lihat dari inputnya, tapi anda lihat ouputnya. Walau anda mengambil arus dari aki tapi hanya untuk menjalankan klakson anda bisa menggunakan kabel biasa, tapi jika anda menjalankan kabel buat foglamp walau anda mengambil arus dari kunci kontak tetap saja anda membutuhkan kabel yang bagus karena arus buat foglamp lumayan gede....

0 comments:

Post a Comment