Motor Power Window Sudah Lemah

Jika mobil anda tergolong mobil lama, maka salah satu yang sering dikeluhkan para pengguna adalah power window yang semakin lambat. Hal ini dapat anda lihat saat anda menaikan kaca window, maka motor terasa berat untuk membawa beban kaca. Lain halnya jika anda mau menurunkan kaca, kaca window lebih cepat turun karena tidak membawa beban kaca.
Selain karena karet kaca (atau sering disebut dengan rel kaca) yang sudah kesat membuat kaca lambat naik, bisa juga karena suplai listrik yang sudah berkurang karena kualitas kabel yang tua. Salah satu yang sering saya lakukan untuk meningkatkan daya motor power window adalah memberikan dua buah.relay.
Relay ini bertugas untuk membypass arus kontak On ke motor dengan "perintah dari saklar". Satu relay bertugas untuk menaikan dan satunya lagi untuk menurunkan kaca. Karena motor membutuhkan setrum positiv dan negativ, maka satu relay akan mengeluarkan arus positif dan satunya lagi mengeluarkan arus negatif.
Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan skemanya...


Keterangan:
87a dan 85 masing- masing relay anda hubungkan ke massa. Usahakan anda mencari massa yang "benar", kadang kalanya massa dari pintu kurang bagus apalagi engsel pintu yang sudah berkarat. Lebih bagus jika anda mengambil massa dari sasis saja.
87 untuk masing-masing relay anda hubungkan ke setrum kontak ON, jadi power window bisa aktif jika anda menyalakan mesin..
86 dari masing-masing relay anda hubungkan ke saklar naik dan saklar turun.
Maka 30 pada masing-masing relay akan mengeluarkan setrum tergantung relay mana yang 86 nya diberi  setrum dari saklar. Sedangkan relay yang tidak diberi setrum  pada 86 hanya akan mengeluarkan arus negatif pada 30 nya.

Biasanya 80% cara yang saya lakukan berhasil, jika tidak maka motor power window harus diganti atau regulatornya yang sudah bermasalah.

0 comments:

Post a Comment