Membersihkan karpet mobil yang kebanjiran

Ketika anda sedang memarkirkan mobil anda di basement sedangkan anda bersama keluarga sedang berada dilantai atas karena ada acara perkawinan saudara anda.
Setelah pesta usai dan anda akan mengambil mobil anda kembali, alangkah terkejutnya bahwa mobil anda mengalami kebanjiran. Untung saja banjir tidak terlalu tinggi namun bagian dalam anda menjadi basah terutama bagian karpet.
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah segera mengeringkan bagian karpet yang basah supaya tidak bau.
Buka semua jok mobil anda, copot karpet dasar anda, karpet beludru (karpet kain) dan bagian peredam yang bisanya berupa kapas.


Segera buang air yang masih ada dengan membuka penutup karet hitam, kemudian keringkan dengan menggunakan hair dairer atau dijemur saja.
Pastikan tidak ada komponen eketronik yang ada dibawah karpet seperti ecu, jika ada yang basah segeralah membawa mobil anda ke bengkel resmi (kebetulan mobil yang saya bongkar ini adalah mobil Yaris yang tidak memiliki komponen eletronik yang ada dibawah karpet)  

Sedangkan karpet yang basah saya jemur hingga kering



Kebetulan karena bagian bawah peredamnya kurang, maka saya menambahkan lagi peredam ke bagian yang belum tertutup. Alasannya supaya lebih kedap suara dan mengurangi kebisingan bagian bawah mobil saat perjalanan.


Setelah selesai, pasang kembali karpet nya dan joknya juga. Jangan lupa anda cek indikator yang ada di spedometer jangan ada sampai ada komponen yang bermasalah.

0 comments:

Post a Comment