Cara pemasangan rear camera di Grand Innova



Tadi sore saya mendapat kostumer yang ingin memasang rear camera untuk mobil Grand innova, kebetulan head unitnya masih bawaan pabrik yaitu doble din layar.

Sebagai tambahan, entah kenapa head unit ini ngak kompatibel dengan VCD. Perangkat ini hanya bisa menampilkan gambar jika anda masukan DVD, mungkin memang spesifikasi dari sana kali....

Biasanya saya menggunakan tespen untuk mengetahui dimana letak pin triggernya, caranya cukup dengan menjepitkan ujung satunya dengan setrum dan satunya ditusuk ke setiap pin yang ngak terpakai.


Usahakan anda menggunakan tespen dengan lampu kecil (watt kecil) atau lampu led sehingga tidak membuat perangkat menjadi terganggu.

Ciri-ciri apakah pin yang anda tusuk adalah pin trigger dengan memperhatikan layarnya. Jika saat ditusuk layar menjadi gelap maka itu adalah pin Triggernya.

Untuk mencari dimana pin RCA rear camera tinggal anda tusuk lagi dengan menggunakan tespen. Ujung tespen anda hubungkan dengan rca kamera belakang dan kabel trigger anda jangan lupa dipasang.

Kan kabel RCA ada 2, pastikan yang anda jepit ke tespen adalah kabel tengahnya.

Setelah ketemu, anda tinggal patenkan supaya kabelnya tidak terlepas dari Pin nya. Biasanya saya pakai lem tembak atau double tape.

Kalau masih binggung anda bisa membeli soket nya (sedikit promosi he..) dilapak saya https://www.tokopedia.com/otojaya/soket-kamera-video-output-grand-innova

Ini video hasil pemasangannya....

0 comments:

Post a Comment