Klakson Livina Tidak Berfungsi


Jika anda memiliki mobil Livina dimana memiliki masalah dengan klakson anda, cobalah untuk pertama sekali intuk memeriksa relay nya terlebih dahulu.

Relay nya ada didepan kap mesin dengan tulisan horn..

Relay yang rusak biasanya disebabkan karena usia, oleh sebab itu jika rusak maka anda harus menggantinya. Namun relay model ini sangat jarang anda temukan, jadi jika anda berada ditempat yang tidak menjual relay kaki 3 ini maka anda bisa menggunakan relay kaki 4.


Cara pemasangan seperti ini


Mungkin anda bertanya, bagaimana cara mengetahui apakah relaynya rusak atau tidak?
Ini bisa anda ketahui jika anda menekan klakson dan relay nya berbunyi"tik", jika saat menekan klakson relay tidak berbunyi, maka bisa tombol klakson bermasalah seperti kabel fleksibel yang putus atau relay nya memang rusak.

Untuk lebih pastinya anda harus mempunyai tespen DC

Coba anda tes satu persatu rumah relay klakson yang ada di kap mesin....

Slot A adalah output ke klakson, jadi pastikan klakson anda tidak mati. Cara mengetesnya dengan menggunakan tespen dimana jepitannya dihubungkan ke setrum aki. Jika slot A ada massa berarti klakson tidak bermasalah....( untuk lebih pastinya menggunakan kabel satuan sebagai jumper ke aki)

Slot B adalah input dari klakson, pastikan saat menekan klakson slot B mengeluarkan arus negatif. Jika tidak berarti kabel felsibelnya ada bermasalah...

Slot C adalah setrum AKI, jika tidak ada setrum positif berarti sekering nya putus....



2 comments:

  1. Mantap Bos, Setiap Postingan anda sangat berbobot dan sangat membantu, TQ

    ReplyDelete