Bagaimana memutar Video didalam flash disk

Format video untuk head unit
Bagaimana cara memutar Video yang ada didalam flashdisk. Jika anda termasuk orang yang suka mendownload video dari youtube dan ingin memutar video hasil download tersebut ke dalam head unit, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan

Saat anda mendownload video dari youtube maka hasil video nya akan memiliki format FLV atau MP4 (setahu saya).

Tidak semua head unit yang bisa memutar video dengan format seperti itu, saya pernah memutar video dengan format FLV untuk head unit Nakamichi dan video MP4 pada pionner seri 6 keatas atau Kenwood seri tertinggi nya.

Merk AVT juga bisa memainkan video MP4 namun ketika saya coba ada beberapa video bisa diputar dan ada beberapa video yang no support. ( mungkin tergantung dari hasil resolusi video nya dan kualitas flashdisk yang digunakan)

Kalau anda memiliki Head unit yang standar ( murah meriah) anda bisa menggunakan video dengan format AVI. Namun resolusi harus dibikin standar saja , sekitar 700 x 600 juga boleh, hanya saja jika video anda berdurasil lama biasanya antara gambar dengan suara akan tidak singkron.

Jika anda memutar film berdurasi setengah jam, maka anda akan melihat perbedaan yang jauh antara gambar dan suaranya (biasanya suara dulu baru gambarnya)

Jika mau stabil anda bisa menggunakan format MPEG, hampir semua head unit bisa membaca format ini namun video ini memakan kapasitas data yang besar dan dibutuhkan flasdisk yang powerful.

Saya lebih suka menggunakan flasdisk bermerk Sandisk dibandingkan Kingstone atau Toshiba, semua tergantung selera sih. Merk HP juga bagus namun banyak yang menjual imitasinya jika anda tidak berhati-hati.

Untuk itu saya sarankan anda untuk mencoba berbagai format yang ada untuk mencoba video mana yang cocok dengan head unit anda, tentu saja anda harus memakai flashdisk yang bagus juga.

Untuk software/ aplikasi pengubah format bisa anda temukan di internet, kalau saya menggunakan Format Factory karena lebih mudah dalam penggunaannya.

0 comments:

Post a Comment