Jangan asal colok tespen kalau ngak tahu kabel apa.

Jangan asal colok tespen kalau ngak tahu kabel apa..Kata orang pengalaman ada harganya dan yang namanya harga pasti menyangkut uang. Saya punya pengalaman pahit namun enak (karena ngak bakalan lupa sampai kapan pun hehehe....)

Begini ceritanya

Suatu ketika saya mendapat orderan untuk memasang alarm untuk mobil Honda Brio

Ah, gampang... menurut saya

Cara saya memasang alarm hampir sama seperti saya memasang alarm pada mobil pada umumnya, yaitu dari kabel yang ada dibawah sillplate kanan depan.

Disana semua kabel yang anda butuhkan tersedia semua, mulai dari kabel ON, kabel lampu sen, kabel rem hingga kabel central lock tersedia disana.

Dengan bantuan tespen "senjata saya", akhirnya pengerjaan ini cukup membutuhkan 30 menit saja.

Ketika saya coba alarmnya yang baru saya pasang, ngak ada masalah.

Aman....

Namun ada lampu indikator yang biasa dibilang " rindu tapi jangan ketemu" , yaitu lampu AIR BAG menyala.

Saya sengaja membuat huruf kapital karena ini adalah lampu yang bahaya kalau sampai nongol, kalau lampu Check Engine masih bisa diatasin. Cabut aki beberapa lama kadang-kadang bisa mematikan indikator check engine atau cek sekering yang putus juga bisa menghilangkan lampu check engine.

Namun jurus itu itu ngak mempan buat lampu AIR BAG ini.....

Saya pun berpikir, "Apa dosa saya sampai lampu ini muncul???"

Setelah saya saya bongkar lagi, ternyata ini penyebabnya, kurang asem

Entah kenapa Honda menggabungkan kabel AIR BAG dengan kabel lainnya, berbeda dengan Toyota. Kalau Toyota kabel AIR BAG dipisah dan di beri isolasi kuning yang berarti jangan disentuh .

Kalau Honda juga dikasi isolasi kuning namun cuma di ujungnya saja, jadi kabel AIR BAG ini menuju ke sensor yang ada di safety belt (fungsinya saat tabrakan safety bel akan otomatis terkunci sendiri).

Keuntungan memasang alarm sebesar Rp 150 ribu pun ngak bisa menutupi kerugian karena harus mereset ke Honda sebesar Rp 400.000,-

Inilah yang namanya pengalaman ada harganya....




1 comments:

  1. waduh so sorry mendengarnya, saya suka sekali anda memposting artikel diatas karena banyak membantu bagi yang bergelut dibidang ini, semoga yang anda share ini membawa berkah agar kedepan usaha anda makin lancar, TQ bos

    ReplyDelete