Kenapa Lampu HID kelap kelip?

Kenapa lampu HID berkedip?

Lampu HID mobil bermasalah
Tadi padi saya kedatangan mobil Honda Streem yang memiliki kendala lampu HID yang berkelap kelip di sebelah kanan dan mati disebelah kirinya.

Saya coba mengganti balans di sebelah kirinya, lampu tetap mati tapi lampu kanan yang kelap kelip menjadi normal kembali.

Dugaan saya mungkin balansnya konslet sehingga mempengaruhi lampu yang ada disebelahnya. Kembali saya ganti balans yang disebelah kanan, malah dua- duanya kelap-kelip.

Saya coba nyalakan mesin, mungkin daya arus yang kurang kuat sehingga lampu kelap kelip.

Hasilnya pun sama saja......

Namun anehnya jika salah satu balans dicabut, lampu disebelahnya normal. Ini saya lakukan kedua sisi lampu. Balans kanan dicabut lampu kiri normal, balans kiri dicabut lampu kanan normal.

Hmm... dugaan saya selanjutnya adalah arus dari kabel set foglamp yang kurang kuat.

Saya coba membuat kabel set yang baru dimana saya membutuhkan kabel satuan sekitar 3 meter, relay dan box sekering.

Cara pemasangan relay hampir sama seperti seperti pemasangan relay klason atau relay foglamp. Relay 30 ke positif aki, 86 ke setrum lampu bawaan, 85 ke massa dan 87 ke output keluaran.

Namun hasilnya juga sama namun kali ini hanya lampu sebelah yang kelap kelip. Lampu kanan normal lampu kiri masih berkedip.

Saya ganti balans yang baru (kebetulan tadi saya coba pakai balans yang lama dulu) hasilnya juga sama.

Namun ketika lampu kirinya dihubungkan kembali ke kabel bawaan mobil lampu menjadi normal kembali.

Jadi sistem kerja saya adalah lampu kanan pakai kabel set yang baru saya bikin dan lampu kiri tetap pakai kebel bawaan mobil.

Jadi kesimpulan yang saya ambil adalah balans ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar sehingga tenaga lampu tetap terjaga. Kebetulan balans yang dipakai termasuk balans model lama dengan ukuran yang besar saya rasa sudah 2 tahun lebih balans ini sudah dipakai.

0 comments:

Post a Comment