Sensor Mundur Mati

Sensor mundur bermasalah
Halo apa kabar semua? Kali ini saya akan memberi sedikit sharing bagaimana mengatasi sensor mundur mati.

Jika teman-teman memiliki sensor mundur tiba tiba mati, hal yang pertama sekali yang harus kamu deteksi adalah mata sensornya. Coba dicek apakah semua sensor yang terpasang mati atau hanya sebagian saja.

Misalnya anda memasang 4 titik sensor, coba anda tes satu persatu dengan menggunakan tangan. Apakah saat tangan anda mendekati sensor ada suara yang dihasilkan dari buzzernya?

Jika ada beberapa mata sensor yang tidak memberi respon ke modulnya maka penyebabnya bisa mata sensornya yang sudah rusak, kabel yang putus entah digigit hewan pliharaan anda ( ini biasanya jika kabelnya tidak diikat sehingga kabel menggantung dan digigit hewan ) atau soketnya yang terlepas.

Namun jika semua mata sensor tidak memberikan respon, maka coba anda sentuh mata sensornya dengan menggunakan tangan anda.

Jika tangan anda merasakan getaran maka kemungkinannya adalah buzzer yang rusak, namun jika tidak ada getaran maka kemungkinan yang rusak adalah modulnya atau sekering yang putus.

Untuk lebih pastinya anda harus membongkar mobil anda untuk mengetahui komponen apa yang rusak. Mulai dari modulnya, kabel setrumnya ( kalau ada sekering ya periksa sekeringnya) dan terakhir adalah buzzernya.

Namun bagaimana jika sensor mundur terus bunyi walau tidak ada halangan tembok dibelakangnya?

Kemungkinan besar adalah modulnya, coba anda bongkar modulnya dan lihat komponen didalamnya. Biasanya setiap soket yang mengarah ke mata sensor memiliki pengaturan potensionya. Cukup anda putar ke kiri untuk mengurangi sensitifannya. Jika masih bunyi coba anda putar mata sensornya, biasanya mata sensor memiliki tulisan "top", pastikan tulisan "top" berada diatas karena kalau terbalik maka sensor akan "menembak" ke tanah.

0 comments:

Post a Comment